10 Keajaiban yang Terjadi Ketika Anda Berdoa

10 Keajaiban yang Terjadi Ketika Anda Berdoa

Berdoa memiliki peran sentral untuk menjaga harapan Anda tetap sehat dan bisa terus beraktifitas seperti biasa dalam melayani Tuhan setiap hari.

DALAM kesibukan yang membuat kita larut setiap hari, berdoa mungkin menjadi hal yang sangat sulit dilakukan. Namun, Anda tetap perlu berdoa sebab segala usaha dan rencana yang sedang dilakukan adalah pemberian Tuhan. Apalagi ketika wabah penyakit yang sempat membuat kita kehilangan harapan. Berdoa memiliki peran sentral untuk menjaga harapan Anda tetap sehat dan bisa terus beraktifitas seperti biasa dalam melayani Tuhan setiap hari. Sadar bahwa berdoa menjadi pekerjaan yang sangat penting dan tidak terpisahkan dari kehidupan rohani kita setiap hari, Anda sepertinya perlu mengetahui 10 keajaiban yang akan terjadi saat Anda berdoa kepada Yesus Kristus.
Apa saja? Simak penjelasannya berikut ini.
1. Kita Menerima
Tidak sia-sia ketika kita berdoa dengan tulus. Meskipun kita tidak selalu menerima apa yang kita inginkan, kita selalu mendapatkan “sesuatu”.
Menurut Yesus, “Mintalah dan itu akan diberikan kepadamu; carilah dan kamu akan menemukan; ketuklah dan pintu akan terbuka untukmu. Untuk semua orang yang meminta, menerimanya; dan orang yang mencari, menemukannya; dan kepada orang yang mengetok, pintu akan dibuka. “(Matius 7: 7-8).
Namun, sewaktu kita membaca lebih lanjut, Ia meyakinkan kita bahwa kita hanya akan menerima hal-hal yang baik dan tidak akan pernah mendapatkan sesuatu yang akan menyakiti kita (secara spiritual). Terkadang ini membuat kita frustrasi karena kita sering bingung tentang apa yang SANGAT kita butuhkan. Jika kita melihat ini dari sudut pandang “setengah gelas”, bahkan ketika Tuhan berkata “tidak” terhadap permintaan kita, kita menerima perlindungan dari sesuatu yang berpotensi melukai kesempatan kita untuk keselamatan!
2. Kita Mengikuti Kehendak Allah
Dalam kitab suci, St. Paulus menulis bahwa kita harus “berdoa terus-menerus” (1 Tesalonika 5:17) dan selanjutnya mengatakan bahwa ini adalah kehendak Allah bagi kita. Ketika kita berdoa, kita melakukan apa yang Allah kehendaki untuk kita lakukan pada saat itu.
3. Kita Mengakui Iman Kita
Saat kita berdoa, kita mengakui kepercayaan kita pada Allah. Meskipun kedengarannya “seperti orang bodoh”, hal itu benar-benar merupakan pengakuan iman yang signifikan. Kita “bodoh” untuk berdoa kepada-Nya jika kita tidak percaya bahwa Dia ada atau bahwa Dia dapat membantu kita. Setiap kali kita berpaling kepada Allah dalam doa, kita mengatakan “Tuhan, aku percaya padaMu”.
4. Imitasi Kristus
Katekismus Gereja Katolik memberi tahu kita bahwa Yesus sering berdoa, terutama sebelum saat-saat menentukan misi-Nya (KGK 2599 – 2606). Setiap kali kita berdoa, kita meniru Tuhan kita. Setiap kali kita tergoda untuk berpikir bahwa “doa tidak ada gunanya”, memikirkan Yesus dalam doa harus mengakhiri garis pemikiran yang tidak berdasar itu. “Jika Dia yang tanpa dosa berdoa, berapa banyak lagi orang berdosa yang harus didoakan?” (St. Siprianus dari Carthage)
Sungguh Ajaib! 10 Hal Ini akan Terjadi ketika Kita Berdoa, Amorpost.com – Ditengah kesibukan kita, mungkin aneh bagi kita membahas tentang doa. Hal itu bisa saja berbagai alasan misalnya kita mungkin berujar, berdoa itu hanya buang buang waktu saja. Atau kita mungkin berpikir “Ngapain berdoa, toh lebih baik kerja saja”. Atau kita apatis saja, atau tidak mau tahu tentang doa. Bagi mereka yang berpikir demikian, kini saatnya berubah pikiran karena ternyata berdoa itu banyak manfaatnya. Berikut ini 10 Manfaat luar biasa yang akan terjadi dalm hidup kita, jika kita berdoa.
5. Kita Mengalami Hubungan Mendalam dengan Tuhan
Dalam otobiografinya, Santa Teresa dari Avila menyatakan bahwa doa adalah “Menjalani persahabatan yang erat dengan Tuhan, komunikasi yang konsisten dengan Dia yang, sebagaimana kita tahu, mencintai kita.” Menurut Katekismus , “Doa adalah hubungan yang hidup antara anak-anak Allah dengan Bapa mereka yang kebaikannya tanpa batas, dengan Putera-Nya Yesus Kristus dan dengan Roh Kudus.” (KGK 2565)
6. Kita Meningkatkan Peluang akan Keselamatan Kita
Sederhananya, doa akan membantumu mencapai Surga. Jauh dari sekadar “meminta hal-hal”, doa adalah ekspresi cinta dan hubungan dengan Allah.
Ketika kita berdoa, kita menunjukkan cinta kita kepada Tuhan dan menyatakan keinginan untuk melakukan kehendak-Nya. Seberapa pentingkah itu? Alfonsus Liguori berkata …”Mereka yang berdoa tentu saja diselamatkan; mereka yang tidak berdoa tentu saja terkutuk “(St. Alfonsus Liguori)
7. Kita Memperoleh Apa yang Allah Kehendaki untuk Diberikan kepada kita
Meskipun Allah akan selalu menganugerahkan rahmatnya kepada kita bahkan jika kita tidak meminta (anugerah yang menggerakkan kita untuk menjadi lebih dekat dengan-Nya, misalnya), ada rahmat lainnya yang akan dicurahkan kepada kita jika kita memintanya.
Yesus membuktikan hal ini dengan kata-kata Doa Bapa Kami (yang berisi beberapa petisi) dan dengan ajaran-Nya bahwa Bapa akan “memberikan hal-hal baik kepada orang-orang yang meminta kepada-Nya.” (Matius 7:11) Bukti lebih lanjut dapat dilihat dalam Surat Santo Paulus kepada orang-orang Filipi ketika dia mendesak kita untuk memberitahukan permintaan kita kepada Allah (Filipi 4: 6). Dengan tidak meminta, kita menghilangkan banyak hal baik yang Allah kehendaki untuk kita miliki. “Tuhan menghendaki agar hasrat kita harus dilaksanakan dalam doa, agar kita dapat menerima apa yang Dia siap berikan.” (St. Agustinus)
8. Kita Mempraktikkan Kerendahan Hati
Alkitab dipenuhi dengan ayat-ayat yang mendukung sifat rendah hati: “Karena setiap orang yang meninggikan dirinya akan direndahkan, tetapi siapa yang merendahkan dirinya akan ditinggikan.” (Lukas 14:11) “Jadi, rendahkanlah dirimu di bawah tangan Tuhan yang kuat, sehingga ia dapat meninggikanmu pada waktunya.” (1 Petrus 5: 6) “Rendahkanlah dirimu di hadapan Tuhan dan dia akan meninggikanmu.” (Yakobus 4:10)
Setiap kali kita berdoa, kita mengakui bahwa kita bergantung pada Allah dan bahwa Dia maha kuasa. Ini berlaku apakah doa kita adalah pujian, permohonan, atau ucapan syukur. Sulit untuk dipahami kalau kita merasa sombong namun sebaliknya kita berlutut dalam doa bukan?
9. Kita Mendapat Kedamaian
Berdoa akan membawa kita kedamaian. Menurut Alkitab: Tidak perlu khawatir sama sekali, tetapi dalam segala hal, dengan doa dan permohonan, dengan ucapan syukur, buat permohonanmu diketahui Tuhan. Maka kedamaian Allah yang melampaui segala pengertian akan menjaga hati dan pikiran Anda dalam Kristus Yesus. (Filipi 4: 6-7)
Doa = Damai. Ini sangat menarik bagi kita yang rentan terhadap kecemasan!
10. Kita Menggunakan Waktu Kita dengan Bijaksana
Tidak seperti kegiatan yang tidak berguna seperti khawatir dan mengeluh, doa adalah penggunaan waktu kita yang sangat baik. Karena penelitian telah menunjukkan bahwa otak tidak dapat memikirkan dua hal secara bersamaan, waktu yang terfokus pada doa berarti waktu yang tidak dihabiskan untuk mengkhawatirkan atau mengejar tugas-tugas destruktif lainnya. Yesus mengatakan kepada kita untuk “meminta dan kita akan menerima” (Matius 7: 7) dan kekhawatiran itu tidak ada gunanya (Lukas 12:25). Masuk akal untuk mendengarkan nasihat-Nya! Akhirnya sangat jelas bahwa semua manfaat doa di atas akan sirna jika kita tidak memulainya. Ingatlah Iman akan mendorong kita untuk mulai berdoa dengan tulus. ♦ ikatolik.com

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.