103 Warga Kota Kupang Terindikasi Suspect TBC

103 Warga Kota Kupang Terindikasi Suspect TBC

GERAKAN “Ketuk Pintu” warga untuk menemukan penderita Tubercolosis (TBC) yang dilakukan Dinas Kesehatan Kota Kupang di 11 Puskesmas selama April 2018 menemukan 103 warga positif menderita gejala (Suspek) TBC.
Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, Ari Wijana melalui Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Kota Kupang, Sri Wahyuningsi di kantor Dinas Kesehatan Kota Kupang, Senin 30 April 2018, mengatakan data akhir kegiatan gerakan “ketuk pintu” ke 15.101 rumah warga ditemukan 103 warga terkena gejala TBC.
“Dari jumlah temuan gejala penderita TBC tersebut ditemukan 13 orang positif TBC dan sebanyak 82 orang negatif,” jelas Sri.
Sri mengatakkan, 13 orang yang positif TBC tersebut saat ini sedang mendapat penanganan pengobatan secara rutin di Puskesmas.
“Pengawasan bagi pasien TBC agar rutin minum obat sangat penting, karena warga kita yang mengalami TBC ini, kadang-kadang sudah dua bulan minum obat dan sudah mulai baik tidak mau minum obat lagi. Padahal mereka harus rutin konsumsi obat selama 6 bulan,” jelas Sri.
Karena itu Sri berharap peran keluarga dalam membantu mengawasi dan mengingatkan si penderita untuk terus mengkonsumsi obatnya hingga 6 bulan. ♦ epo

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.