20 Caleg di Rote, tidak bisa memilih

20 Caleg di Rote, tidak bisa memilih

JUMLAH Partai yang mengikuti Pemilu di Kabupaten Rote Ndao jumlahnya 14 Partai, dengan total calon legislativenya berjumlah 303 Caleg yang tersebar di 3 daerah pemilihan.
Menurut Ketua KPU Rote Ndao, Christian Daepani, A. KS didampingi dua komisioner Hans Maak dan Hofra Anakai kepada EXPO NTT diruang kerjanya, Selasa 19 Maret 2019 mengatakan Total Caleg 303 orang untuk merebut 25 Kursi DPRD dalam pemilihan Umum (Pemilu) 17 April 2019.
“Daftar nama caleg dapil I, II, III Kabupaten Rote Ndao yang berdomisili di luar Kabupaten Rote Ndao dan telah terdaftar sebagai pemilih di Daerah asal masing-masing, jadi caleg yang namanya tidak masuk DPT di Rote ada 20 caleg mereka tidak akan dapat memilih dirinya karena tidak mengurus surat pindah, para caleg ini tersebar di 9 Partai yakni Partai Demokrat 3 caleg, Partai Nasdem 2 caleg, Partai PKPI 3 caleg, Partai Gerindra 4 caleg, Perindo 1 caleg, Hanura 2 caleg, Partai PPP 1 caleg, Partai PDIP 1 caleg, Partai Golkar 3 caleg, jadi totalnya ada 20 Caleg, ” kata Kris.
Menurut Cristian pihaknya akan mengumumkan nama para caleg yang tidak ikut memilih disejumlah TPS di Daerah Pemilihannya.
Lebih lanjut katanya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) memberi kesempatan pemilih pada Pemilu 2019 untuk berpindah tempat memilih melalui mekanisme pindah memilih. Namun, proses administrasi pindah memilih itu hanya bisa dilakukan selambat-lambatnya 30 hari sebelum hari pemungutan suara yang akan berlangsung pada 17 April 2019.
Artinya, bagi pemilih yang ingin pindah memilih, harus menngurus proses administrasi paling lambat 18 Maret 2019. Proses administrasi yang dimaksud adalah mencatatkan pindah memilih ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang tersedia di desa/kelurahan asal atau tujuan. Dari situ, calon pemilih akan mendapatkan formulir A5.
Formulir A5 bisa didapatkan pemilih dengan menunjukkan e-KTP maupun identitas lainnya. Setelah yang bersangkutan dipastikan sudah menempuh proses administrasi pindah memilih, maka data pemilih di tempat asal yang bersangkutan akan dihapus. ♦ ido

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.