4 Kabupaten di NTT Tak Ajukan Anggaran Tambahan Pilkada 2020

4 Kabupaten di NTT Tak Ajukan Anggaran Tambahan Pilkada 2020

 

KETUA Komisi Pemilihan Umum, Nusa Tenggara Timur (NTT) Thomas Dohu melaporkan sebanyak empat dari sembilan kabupaten yang menyelenggarakan Pilkada 2020 tidak mengajukan tambahan anggaran untuk melanjutkan tahapan pemilihan kepala daerah tersebut. “Empat kabupaten itu adalah Kabupaten Sabu Raijua, Sumba Barat, Timor Tengah Utara dan Kabupaten Belu,” ujarnya di Kupang, Selasa 16 Juni 2020.
Ia menjelaskan, bahwa pihaknya sedang membahas kebutuhan tambahan anggaran untuk melanjutkan tahapan pelaksanaan pilkada di provinsi berbasis kepulauan itu.
“Kami belum rekap semua usulan di daerah, tetapi intinya dari sembilan kabupaten yang menyelenggarakan pilkada, ada empat kabupaten yang tidak mengusulkan tambahan anggaran,” ungkapnya.
KPU pada empat kabupaten ini, kata dia, hanya melakukan optimalisasi anggaran yang sudah disepakati dalam naskah perjanjian hibah daerah (NPHD). “Jadi hanya melakukan optimalisasi dari NPHD yang ada untuk belanja kebutuhan tambahan seperti alat pelindung diri, honor PPS dan pembuatan TPS,” ujarnya.
Menurutnya, usulan tambahan sangat bergantung pada KPU kabupaten yang akan menyelenggarakan pilkada di daerah, tentu sudah melalui perhitungan-perhitungan.
Thomas menambahkan, hal yang paling penting adalah, seluruh tahapan hingga pemungutan dan penghitungan suara pada 9 Desember mendatang dapat dilaksanakan dengan baik, dengan tetap berpedoman pada protokol kesehatan. ♦ antaranews.com

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.