Adrianus Adu Dikukuhkan sebagai Maneleo Adu-Thein

Adrianus Adu Dikukuhkan sebagai Maneleo Adu-Thein

SENIN, 6 Januari 2019 bertempat dikediaman Adrianus Adu dibilang desa Holoama Kecamatan Lobalaian Kabupaten Rote Ndao, Drs. Leoanard Haning selaku Maneleo Inahuk mengukuhkan Adrianus Adu menjabat sebagai Maneleo Adu Thein yang vakum sejak ditinggal Lorens Adu yang meninggal 30 Mei 2019 lalu, akhirnya Leo (suku) Adu-Thein, Desa Holoama, Kecamatan Lobalain, Kabupaten Rote Ndao memiliki maneleo (ketua suku) baru, yakni Adrianus Adu.
Acara pengukuhan Maneleo Adu-Thein tersebut dilaksanakan, Senin 6 Januari 2019, di kediaman Adrianus Adu oleh Maneleo Inahuk (Ketua Adat Utama) Rote Ndao Leonard Haning ditandai pemakaian topi Ti’i Langga, pengalungan selendang, penyerahan tempat sirih, pedang, dan tongkat kepemimpinan leo.
Kepala Suku Lodu Hilbert Y Sina menjelaskan, Leo Adu-Thein merupakan bagian dari Suku Besar Lodu yang mendiami eks Swapraja Lelain, di mana saat berakhirnya sistem Swapraja bergabung dengan eks Swapraja Loleh dan Ba’a menjadi Kecamatan Lobalain (Loleh-Ba’a-Lelain).
Hilbert Sine menyampaikan terima kasih kepada Maneleo Inahuk, Leonard Haning yang berkenan hadir sekaligus mengkuhkan Adrianus Adu sebagai Maneleo Adu-Thein. “Hendaknya apa yang telah dikukuhkan disaksikan oleh Tuhan dan manusia menjadi landasan untuk saling melayani dalam suka dan duka,” kata Hilbert.
Hilbert berharap dengan dikukuhkannya Adrianus Adu, maka segala sesuatu yang berhubungan dengan eksistensi Leo Adu-Thein dapat berjalan sebagai mana mestinya karena dalam budaya orang Rote hingga saat ini, hampir semua urusan adat masih kental berhubungan dengan suku.
Maneleo Inahuk Leonard Haning dalam sambutan saat pengukuhan menyampaikan apresiasi kepada keluarga besar Leo Adu-Thein yang telah mempercayakan Adrianus Adu sebagai maneleo.
Menurut Leonard, apa yang telah dikukuhkan hendaknya menjadi berkat bagi semua keluarga besar Adu-Thein, bahkan seluruh warga Desa Holoama bukan saja dalam peradaban sosial,
Adrianus Adu, mengantikan Lorens Adu yang telah meninggal dunia pada 30 Mei 2019, oleh karena itu terjadi kekosongan sehingga pihak keluarga rembuk dan menentukan Adrianus Adu mengantikan Loren dan saat ini dilantik oleh Maneleo Inahuk.
Terpantau kedatangan Drs. Leoanard Haning, MM tiba disambut dengan tarian adat dan syair Rote oleh Manehelo. Untuk diketahui, hadir dalam kesempatan jitu, Kepala Dinas PMD Rote Ndao Yames MK Therik, Kabag Administrasi Pemerintahan dan Kesra Yesi Daepani, Plt. Camat Lobalaian Nusry E Zacharias, Plt. Lurah Mokdale Marthen C. Mandala, Penjabat Kepala Desa Holoama Melkianus Bessie, sejumlah kepala desa dan tamu undangan lainnya. ♦ ido

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.