Albertina Ho dari Situs Bungkarno di Ende langsung ke KPK

Albertina Ho dari Situs Bungkarno di Ende langsung ke KPK

♦ Baru Tiga Bulan Bertugas Sebagai Wakil Ketua PT. NTT

 

NAMANYA baru disebut oleh Presiden Jokowi pada 18 Desember 2019 sebagai bakal kandidat anggota untuk entitas baru dalam tubuh lembaga antirasuah KPK. Mengaku baru mendapat undangan ke istana, Hakim Albertina menerima penunjukan ini sebagai perintah untuk berbakti sebagai warga negara. Teringat kembali saat mampir bersama rombongannya di situs Serambi Bung Karno Ende, Sabtu siang 14 Desember 2019 yang baru lalu. Berpenampilan sangat sederhana namun ceria & ramah. Asyik menyimak narasi dan mengaku sangat terinspirasi. Tak diragukan lagi, ‘Srikandi Hukum’ yang sudah diketahui umum integritasnya itu adalah pilihan tepat. “Salam dari Serambi Soekarno, Ende”.

Baru 3 Bulan Bertugas di Kupang
Hakim Albertina Ho, Anggota Dewan Pengawas KPK yang Baru 3 Bulan Bertugas di Pengadilan Tinggi Kupang dikenal sebagai hakim wanita yang sangat tegas, lugas dan berani.
Seperti wartakan kompas.com, Hakim Kasus Gayus Tambunan, Albertina Ho, resmi terpilih menjadi Anggota Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang resmi diumumkan dan dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Jumat 20 Desember 2019. Sebelum menduduki jabatan baru itu, Albertina Ho menjabat sebagai Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Kupang. Albertina diketahui bertugas di Kupang, belum genap tiga bulan lamanya. Albertina dilantik di Pengadilan Tinggi Kupang, pada Jumat 27 September 2019.
Dalam pelantikan itu, Alberthina juga mengundang sejumlah teman sekolahnya di Kupang.
Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo memilih Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Kupang, Albertina Ho, sebagai anggota Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sosok “Srikandi Hukum” ini sudah cukup dikenal dalam dunia pemberantasan korupsi di Indonesia. Bila pernah mendengar nama Gayus Halomoan Partahanan Tambunan, maka di tangan Albertina-lah pegawai Direktorat Jenderal Pajak itu dijebloskan ke penjara. Bagaimana tidak mengusik telinga banyak orang, seorang pegawai golongan IIIA memiliki kekayaan lebih dari Rp 100 miliar.
Bahkan, di tengah pengusutan perkara pajak PT Surya Alam Tunggal (SAT) yang merugikan negara Rp 570 juta di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Gayus justru dapat pelesiran ke Bali.
Albertina Ho dikenal sebagai sosok hakim yang tegas dan sangat percaya diri. Sehingga, tak sedikit masyarakat yang memberikan apresiasi ketika ia menangani perkara Gayus. Bahkan, untuk kali pertama, jaksa Cirus Sinaga dan Fadel Regan diseret ke pengadilan untuk menjadi saksi tambahan dalam perkara mafia hukum oleh wanita kelahiran Maluku Tenggara pada 1 Januari 1960 itu. Hakim-hakim yang mengadili terdakwa-terdakwa lain yang terlibat perkara mafia hukum tidak pernah mau memanggil Cirus dan Fadel.
Padahal, peran keduanya sangat signifikan terkait dibebaskannya Gayus oleh Pengadilan PN Tangerang dan dibukanya blokir dana Rp 25 miliar yang berasal dari hasil korupsi.
Pemanggilan Cirus juga berpotensi mengungkap siapa-siapa lagi yang terlibat mafia hukum di tubuh institusi penegak hukum. Pada akhirnya, Gayus divonis tujuh tahun penjara dan denda Rp 300 juta atau subsider 3 bulan kurungan. Vonis yang dijatuhkan Albertina Ho lebih ringan dibandingkan tuntutan jaksa yang menuntut dengan hukuman 20 tahun penjara dan denda Rp 500 juta. Kasus Jaksa Cirus Selain Gayus Tambunan, jaksa Cirus juga harus mendekam di penjara setelah diputus bersalah oleh Albertina Ho. Jaksa bagian intelijen Kejaksaan Agung nonaktif itu dihukum penjara lima tahun penjara dan denda Rp 150 juta subside tiga bulan kurungan. Putusan ini lebih ringan dari tuntutan jaksa yaitu enam tahun penjara dan denda Rp 150 juta subsider tiga bulan kurungan. Cirus dianggap merekayasa berkas perkara mafia pajak PT SAT untuk terdakwa Gayus Tambunan yang semula disidangkan di PN Tangerang. Tindakan yang dilakukan Cirus dianggap menghalang-halangi penyidikan karena menambah secara sepihak pasal yang menjerat Gayus Tambunan. ♦ wjr

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.