Alexander Djari punya konsep membangun Kota Kupang yang sejahtera dan maju

Alexander Djari punya konsep membangun Kota Kupang yang sejahtera dan maju

NOTARIS ternama Alexander Djari berkeinginan mencalonkan diri sebagai salah satu kandidat Walikota Kupang pada suksesi periode 2021-2017. Cita-cita menjadi Walikota Kupang menurut Alaxander Djari setelah sejumlah tokoh, kalangan gereja dan rekan-rekan dekat mengusul kepadanya agar menjadi salah satu calon walikota.
Keinginan teman-teman, juga tokoh gereja ditampung dan direnungi.” Kata hati saya terdalam menjawab, ya. Mengapa tidak. Saya berkehendak maju sebagai salah satu kandidat dan rencana berpasangan dengan calon wakil dari salah satu partai ternama. Saya sudah melakukan penjajagan, dan ada satu tokoh Flores yang saya ajak. Memang kelihatan konyol, untuk apa mau jadi walikota. Mau cari harta, saya sudah punya. Semua sudah saya dapatkan semuanya dalam kehidupan ini. Salah satu komitmen saya disisa hidup saya yaitu ingin membangun Kota Kupang yang lebih beradab, lebih maju dan masyarakatnya sejahtera. Saya kebetulan sangat mengetahui Kota Kupang. Dari Kota Kupang masih sebagai kota biasa, sampai seperti sekarang ini, ditahun 2019.
Sudah majukah Kota Kupang? Saya bertanya dan saya mencoba menjawab sendiri: Belum. Kota Kupang sebagai ibukota propinsi yang berbatasan langsung dengan Timor Leste dan Australia, sangat mungkin dikembangkan sebagai kota besar seperti Makasar atau Surabaya. Kota ini seperti monoton, jalan di tempat. Padahal, jika orang yang memimpin Kota Kupang lebih bijak dan kreatif, sangat mungkin bisa berkembang.
Pertama, membangun daerah pertumbuhan baru yaitu kawasan Penfui, kawasan Kolhua sampai Belo dan kawasan Alak. Di tiga kawasan ini, dibangun seperti Kota Semarang Atas. Bangun infrastruktur yang bagus, pasar rakyat dan terutama pasar swalayan. Perumahan untuk rakyat kota ini masih sangat bisa di atur di tiga kawasan ini. Saya bahas ini, karena pemerintah sudah membangun jalan jalur 40. Coba perhatikan secara saksama sepanjang jalur 40 mulai dari Bolok, Tenau sampai Penfui, apakah ada geliat pembangunan? Tidak. Yang kita lihat adalah pemukiman yang belum teratur dengan baik. Rumah-rumah masyarakat tidak dibangun tanpa perencanaan. Adakah sudah dibuat tata ruang?
Ketiga kawasan ini, bisa difungsikan sebagai pusat-pusat pertumbuhan baru. Kawasan Walikota terlihat bagus, karena Walikota Administratif pertama Almarhum Mesakh Amalo tata. Bagus dan tertata rapi, ada kantor walikota, rumah sakit dan bangunan pemerintah dan swasta. Saya berkeinginan ketiga kawasan yang saya sebut tadi bisa ditatata dengan baik. Ide saya bisa terwujud jika saya walikota.
Saya berpendapat, Kota Kupang lama sepanjang Jalan Siliwangi, kampung Solor sampai di Naikoten II itu konsep kota yang biasa-biasa saja dan tradisional. Kita kembangkan kota ini, ke Belo, Kolhua, Penfui, sampai Alak. Kedepan, pemerintah mesti punya rencana yang lebih inovatif dan berpikiran maju. Ini konsep saya yang saya sampaikan ini, baru secuil. Yang terpenting mensejahterakan rakyat Kota Kupang sangat mudah. Kebutuhan masyarakat ialah sandang pangan dan papam, kenyamaman yang terjamin, air bersih tersedia, bukan bermasalah. Pendidikan generasi baik dan berprospek dari PAUD sampai perguruan tinggi. Bukan seperti sekarang, pusat kesehatan sedikit sulit dijangkau. Kita seharusnya membangun rumah sakit modern di kawasan Alak, Belo dan Penfui.
Kesejahteraan ASN pun mesti mendapatkan jaminan yang pasti. Saya tidak setuju tenaga honor, tenaga honor lepas dan sebagainya. Kasian, sudah honor lepas, gaji kecil dan sudah mengabdi sekian tahun bahkan ada yang lebih dari 15 tahun lalu harus di berhentikan. Ini kan bikin stress. Jadi saya punya konsep pasti, sedikitnya saya tahu karena pernah PNS dan susah puluhan tahun jadi notaris. Ini saja dulu konsep dan rencana singkat saya dan nanti disambung karena saya sudah ngobrol banyak dengan rekan dan sahabat saya di semua etnis di NTT. Jadi saya siap menjadi Walikota Kupang di periode berikut, dan semoga Tuhan memberkati.” ♦ wjr

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.