APBD Rote Ndao, 2020 Meningkat 32,4 Persen

APBD Rote Ndao, 2020 Meningkat 32,4 Persen

SELASA, 17 Maret 2020 Kabupaten Rote Ndao melaksakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Kabupaten Rote Ndao Tahun 2021 yang dilaksanakan di Auditorium Bumi Tiii Langga Permai.
Kegiatan itu dibuka Wakil Bupati Rote Ndao, Stefanus Saek, M.Si, dihadiri Wakil Ketua DPRD Kabupaten Rote Ndao, Paulus Henuk, Perwakilan Balitbang Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) diwakili oleh Kepala Bidang Pemsosbud Balitbang Provinsi Nusa Tenggara Timur Joni E. Ataupah, SP, MM, hadir para Kepala OPD, Para Camat, Kepala Desa dan tokoh masyarakat
Dalam sambutan Wakil Bupati Rote Ndao, Stefanus Saek, SE, M.Si mengatakan Musrenbang Kabupaten sebagai bagian dari siklus perencanaan pembangunan nasional bukan hanya seremonial belaka tetapi sebagai forum untuk merumuskan dan melegitimasi berbagai usulan program/kegiatan tahun 2021 yang diusulkan dan dimusyawarahkan mulai dari tingkat desa/kelurahan, kecamatan dan forum perangkat daerah/lintas perangkat daerah hingga hari ini.
Demi mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan dan pelayanan pada masyarakat maka telah ditetapkan peraturan bupati nomor 2 tahun 2020 tentang APBD. meskipun APBD tahun 2020 ditetapkan dengan peraturan bupati namun dapat dipastikan bahwa kebijakan pembangunan tetap mengutamakan kepentingan rakyat.
Hal ini dilihat dari peningkatan belanja daerah, pada tahun 2020 sebesar 846,6 milyar rupiah atau meningkat sebesar 32,4 milyar rupiah dari APBD induk tahun 2019 dan belanja publik pada tahun 2020 sebesar 161,1 milyar rupiah atau meningkat 15 milyar dari tahun 2019. beberapa kebijakan pembangunan strategis tahun 2020 antara lain :
Pembangunan Rumah Layak Huni sebanyak 1.830 unit dari APBD/APBN dan didukung juga oleh alokasi dari dana desa/kelurahan.
Pembangunan 3 Unit Stadion untuk Persiapan Turnamen Eltari Memorial Cup 2023.
Pembangunan dan Penataan Kawasan Kota Baa.
Bulan Penimbangan Untuk Pemberian Vitamin A Pada Bulan Februari dan Bulan Agustus untuk Pencegahan Dan Penanganan Stunting.
Pelaksanaan Even Pariwisata Termasuk Festival Laut Mati dan Mulut Seribu.
Pemberian Beasiswa Bagi Mahasiswa Sebanyak 380 Orang dan Beasiswa Ikatan Dinas untuk Dokter Sebanyak 10 Orang.
Pembangunan Jalan 43,50 Kilometer Sehingga Jalan Terbangun 219.67 Kilometer, Pembangunan Irigasi 836 Meter Sehingga Irigasi Terbangun Menjadi 58,683 Meter.
Peningkatan Alokasi Dana Desa (ADD) Pada Tahun 2020 Sebesar 47.674.275.500, Dana Desa (DD) Pada Tahun 2020 Sebesar 107.572.467.000 Dan Sukseskan Pemilihan Kepala Desa Tahun 2020 Di 69 Desa.
Bantuan ALSINTAN dari APBD II sebanyak 15 unit, pembukaan lahan baru 24 hektar, bantuan bibit padi 2.875 kilo gram, bawang merah 2.250 kilo gram, bibit sapi 190 ekor.
Rehabilitasi sarana pendidikan SD 18 sekolah, rehabilitasi SMP 4 sekolah dan pengadaan alat-alat kesehatan 143 paket untuk 12 puskesmas.
Thema pembangunan tahun 2021 yaitu “Percepatan Pembangunan Sumber Daya Manusia, Pembangunan Pariwisata Dan Peningkatan Pelayanan Publik”. tema ini dijabarkan ke dalam 5 prioritas pembangunan tahun 2021 sebagai berikut:
pengentasan kemiskinan secara terpadu akan dilaksanakan melalui kegiatan berkelanjutan antara lain : pembangunan rumah layak huni (aladin) ditargetkan 2.885 unit yang di danai dari dana desa/kelurahan. 1.605 unit rumah, dari dana APBD Kabupaten 1.110 unit, APBD PROVINSI/APBN 170 unit; Penyediaan Septicktank individu untuk 2.427 kk, penyedian air bersih untuk 2.000 KK miskin;
Pembangunan Embung, Saluran Irigasi dan Sumur Bor;
pembukaan lahan baru pertanian dan bantuan alsintan, bibit serta obat-obatan; bantuan bibit ternak, bantuan sarana prasarana perikanan dan kelautan; pelatihan tenaga kerja dan pembangunan translok; penyediaan jamkesda;
Selain itu beberapa inovasi baru lain untuk pengetasan kemiskinan antara lain : Program keluarga asuh dengan mengidentivikasi anak-anak miskin usia sekolah untuk di carikan orang tua asuh.
Program Desa Asuh dengan menetapkan desa lokus kemiskinan dan memberikan tanggungjawab kepada OPD tertentu sebagai bapa asuh untuk mengkoordinir semua tahapan dalam upaya pengentasan kemiskinan dan melakukan inovasi percepatan penanggulangan kemiskinan di desa asuhnya.
Pencegahan dan penanganan stunting melalui : Penanganan 1000 hari pertama kehidupan, pembinaan calon pengantin melalui kerjasama dengan tokoh agama dan tokoh adat; penyuluhan bagi remaja putri; pemenuhan gizi pada bayi dan balita melalui konsumsi pangan lokal (gerakan menanam marungga atau mai ita fo’a fo sele aifo);
Membangun database terpadu intervensi stunting berbasis peta dan penegakan kawasan tanpa rokok termasuk di rumah tangga 1000 hari pertama kehidupan.
Pembangunan pariwisata; Difokuskan pada destinasi super prioritas, karena itu pemerintah daerah akan segera menetapkan 10 destinasi super prioritas yang menjadi lokus pembangunan pariwisata 5 tahun kedepan untuk mendorong kunjungan wisata dan promosi wisata, akan ditetapkan hari kunjungan wisata pada hari sabtu minggu kedua setiap bulan sehingga semua asn wajib berkunjung ke lokasi destinasi wisata serta dihimbau kepada semua masyarakat untuk berekreasi.
Peningkatan kualitas sumber daya manusia; peningkatan sarana prasarana pendidikan, peningkatan kualitas tenaga kesehatan melalui kemitraan dengan program nusantara sehat, fasilitasi untuk persiapan beasiswa baik dalam maupun luar negeri, peningkatan jumlah beasiswa yang diutamakan untuk mendukung prioritas pembangunan seperti guru, tenaga kesehatan, sarjana pariwisata dan pendidikan vokasi /ketrampilan. Menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih serta meningkatkan pelayanan publik melalui: meningkatkan nilai akuntabilitas kinerja pemerintah tahun 2021 menjadi kategori b.
Peningkatan pelayanan publik dilakukan dengan melaksanakan sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) termasuk perencanaan penganggaran online yaitu sistem informasi pemerintahan daerah (SIPD) yang mendokumentasikan, mengadministrasikan serta mengolah data pembangunan daerah menjadi informasi yang disajikan kepada masyarakat dan sebagai bahan dalam pengambilan keputusan.
Pada kesempatan ini juga kita akan meluncurkan aplikasi perijinan online untuk meningkatkan kualitas, transparansi dan kemudahan pelayanan publik.
Saya tegaskan kepada semua OPD harus mempunyai perencanaan yang baik sehingga dalam melaksanakan eksekusi anggaran tidak terjadi malpraktek/salah sasaran.
“Saya mengajak kita semua untuk bersama-sama melakukan pencegahan penyebaran virus corona melalui aksi terpadu semua sektor. oleh karena itu maka saya telah mengeluarkan instruksi Bupati Rote Ndao Nomor : HK.440/277/III/KAB.RN/2020 dengan isi instruksi sebagai berikut :
Menghimbau masyarakat, umat, dan pekerja agar tidak bepergian keluar dari Kabupaten Rote Ndao selama 14 hari terhitung sejak dikeluarkannya instruksi ini.
Menghimbau masyarakat, umat dan pekerja agar tidak mengadakan pertemuan yang melibatkan banyak orang.
Jangan bersalaman dengan berpegang tangan dan cium hidung atau pipi. tanda kasih dan hormat bisa dengan menundukan kepala sambil menaruh tangan kanan di dada atau dengan mengatupkan dua tangan di depan dada.
Menjaga kebersihan diri dan lingkungan dengan mencuci tangan dengan air mengalir sesering mungkin menggunakan sabun atau hand sanitizer serta banyak mengkonsumsi air putih.
Mengatur pola makan dan olahraga yang cukup serta sering berjemur di bawah sinar matahari pagi sampai pukul 10.00 wita.
Menjaga jarak komunikasi minimal 2 meter dari orang yang terinfeksi batuk atau flu dan/atau orang asing yang berada di wilayah tempat tinggal masing-masing dan apbila mengalami sakit batuk/flu wajib menggunakan masker.
Tidak merokok di tempat umum, angkutan umum, dan ruang publik lainnya. Setiap tamu (warga luar daerah) atau warga Rote Ndao yang baru tiba setelah bepergian ke daerah lain atau yang terindikasi mengalami gejala covid-19, wajib melapor pada petugas pos pelayanan kesehatan bandara/pelabuhan penyeberangan dan/atau menghubungi gugus tugas percepatan penangganan dan pencegahan covid-19 Kabupaten Rote Ndao pada nomor yang sudah disebarkan. Senantiasa berdoa dan memohon perlindungan tuhan. Karena itu saya berharap agar kita semua melaksanakan instruksi ini dengan penuh tanggungjawab.” ‚ô¶¬†advetorial kerjasama pemda kabupaten rote ndao dengan expontt

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.