Arison Tomasui, Sosok pejabat yang tegas

Arison Tomasui, Sosok pejabat yang tegas

♦ Mengenal Lebih Dekat Sosok Kepala Bagian Umum Humas & Protokol Setda Rote Ndao

PRIA Bertubuh Atletis yang dikenal murah senyum dan ramah ini, memiliki kesederhanaan yang mensejajarkan diri dengan sesama dan tidak pernah membeda-bedakan satu dengan yang lain. Selain itu, di kenal ramah dikalangan Aparatur Sipil Negara (ASN).
Sebelumnya berkarir sebagai Kepala Sub Bagian Perlengkapan dan Rumah Tangga di Bagian Umum Setda Kabupaten Rote Ndao, kini dilantik menjabat Kepala Bagian Umum Humas & Protokol Setda Rote Ndao.
Arison Tomasui, SH pria yang lebih akrab disapa Aris itu lahir di Oelunggu, 14 Februari 1976,saat ini masih memiliki banyak waktu dalam meniti kariernya.
Kepala Sub Bagian Perlengkapan dan Rumah Tangga tahun 2013 di Bagian Umum Setda Kabupaten Rote Ndao, atau selama enam tahun di pengunjung tahun 2018 tepat 29 Desember 2018 dilantik menjabat sebagai Kepala Bagian Umum Humas & Protokol Setda Rote Ndao.
Disela-sela pelantikannya sebagai Kepala bagian Umum Sekda Rote Ndao bersama dengan 5 pejabat Eselon 2B, 6 pejabat esalon 3A dan 19 pejabat eselon 3B serta eselon 4A, Sabtu 29 Desember 2018 diauditorium bumi Tii Langga Oleh Bupati Rote Ndao, Drs Leonard Haning, MM. dengan senyum mengaku Jabatan adalah kepercayan pimpinan dan dikehendaki Tuhan, sekalian tantangan untuk memulai pegabdian kepada masyarakat Nusa Lote.
“Ya ini adalah kepercayaan sekalian sebagai tantangan agar saya bisa melaksanakan tugas disebuah Organisasi Perangkat Daerah (OPD), untuk mencapai tujuan saya harap semua mendukung saya, baik teman di OPD Bagaian Umum Humas & Protokol termasuk teman-teman wartawan, mari bersama membangun kemitraan dengan pemberitaan berimbang demi pembangunan Nusa Lote ini,” kata Arison.
Dirinya mengakui Dizaman era digital dirinya mengakui tantangan tugasnya sebagai Kabag Humas, untuk mencapai tujuan organisasi Harapan yang ingin di capai harus membagun tim kerja yang solid mampu bekerja sama dan sama-sama bekerja, termasuk perlu dukungan dari para awak media baik cetak, elektronik maupun Media Online untuk terus membangun kerjasama yang baik dan membina sinergitas yang telah tercipta selama ini serta memberikan informasi yang mendidik dan menyejukkan dalam setiap pemberitaan, sesuai dengan harapan masyarakat. “Mari terus kita jaga kebersamaan agar supaya sinergitas dalam kegiatan peliputan dan pemberitaan akan semakin optimal, hal ini selaras dengan pemenuhan kebutuhan informasi masyarakat melalui pemberitaan media yang mendidik sekaligus menyejukkan,” terang Kabag Humas kepada EXPO NTT.

Karir Sebagai ASN
Arison biasa disapa Aris diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) kini disebut ASN sejak tahun 2006. selain sejumlah Jabatan yang telah di raihnya itu, dalam Pendidikannya, Arison menyelesaikan pendidikan pada Sekolah Dasar (SD) GMIT Oelunggu 1990, dilanjutkan dengan Pendidikan di SMP Negeri 2 Ba’a Tahun 1992, kemudian mengemyam Pendidikan pada STM Negeri Kupang Tahun 1995 dengan konsentrasi Jurusan Mesin Produksi, sedangkan Perguruan Tinggi (PT) ia meraih gelar sarjana hukum di Universitas Nusa Lontar (UNSTAR) Lulus tahun 2007.
Tapak-tapak perjalanan menuju karirnya dimulai dasar yakni sebagai Staf di bagian umum Setda Kabupaten Rote Ndao, tahun 2006 sejak menjadi PNS. Saat itu mengabdi di Bagian Umum. Tahun 2011 dipercayakan menjabat sebagai kepala Seksi Trantib Kelurahan Onatali Kecamatan Rote Tengah Kabupaten Rote Ndao hingga tahun 2012.
Berkat kesetian dalam bekerja, Arison mendapat kepercayaan diangkat menjadi Kepala Sub Bagian Perlengkapan dan Rumah Tangga tahun 2013 di Bagian Umum Setda Kabupaten Rote Ndao hingga 29 Desember 2018. Memasuki Januaru 2019 akan menjalangkan tugasnya sebagai Kepala Bagian Umum Humas & Protokol Setda Rote Ndao.

Bekerja dan Berdoa
Tidak ada orang yang sukses secara alami. Anda bekerja untuk mendapatkan yang baik dan kemudian bekerja lagi untuk mendapatkan yang lebih baik. Sulit untuk tetap berada atas. – Paul Coffey
Kalimat ini menjadi spirit bagi Arison Tomasui adalah anak dari pasangan Ebenheser Tomasui dan Johana Malelak kedua orangtuanya petani dan buta aksara. Aris adalah anak 10 dari 12 bersaudara. Orang tua Aris bukanlah orang kaya, bahkan sangat miskin sekali. Aris dan saudara-saudaranya terbiasa hidup dalam kesederhanaan. Kehidupan yang berat tersebut telah menempa Aris kecil menjadi pribadi yang tangguh. Kemiskinan bukan berarti harus meminta-minta untuk dikasihani melainkan harus dihadapi dengan bekerja dan berusaha. “Kemiskinan bukan kutukan, oleh karena itu dirinya tidak mau untuk mewariskan kepada anak-anaknya”. Begitulah prinsip Aris.
Pada tahun 1995, usai menamatkan pendidikan STM, berniat masuk di Poltek Kupang, Namun setelah tes dan dinyatakan lulus, dirinya kembali ke Rote untuk mengambil uang registrasi yang jumlahnya hanya Tujuh Ratus Ribu Rupiah, kenang aris, hanya karena Ayahnya tidak ada uang, sehingga niatnya untuk melanjutkan studi kandas. Aris Tidak patah arang, tetapi dengan keahliannya dbidang Mesin Produksi bekerja di PLN Ba’a selama 8 tahun yakni Desember 1995-Februari 2006.

Riwayat Hidup

Nama : Arison Tomasui, SH
TTL : Oelunggu, 14 Februari 1976
Pekerjaan : ASN, Kepala Bagian Umum Humas & Protokol Setda Kabupaten Rote Ndao.
Istri : Selfiana Daepani,SE
Pekerjaan : PNS
Anak
1. Valentino Tomasui SMP Negeri 2 Lobalaian Kelas VII
2. Marco Melandri Tomasui SD Kelas 6 Kelurahan Maulafa Kota Kupang.
Ayah
Nama : Ebenheser Tomasui
Pekerjaan : Petani
Ibu
Nama : Johana Malelak
Pekerjaan : Ibu Rumah Tangga.

Selama bekerja di PLN, Upah yang didapat minim, hanya sebesar Tujuh Puluh Lima Ribu Rupiah, walau demikian bukan halangan, niatnya untuk Jadi Sarjana masih menggebuh. Dengan keterbatasan biaya dirinya meluangkan waktu untuk kuliah di UNSTAR. Tahun 2006 dirinya mengikuti Testing CPNS dan Lolos. Saat itu diangkat dengan Golongan II A. jelang setahun yakni 2007 menyelesaikan studi. Tahun yang sama mengikuti Ujian Dinas, itulah menghantarnya meraih beberapa jabatan hingga saat ini. tetapi itu berkat Doa dan kesunguhan dalam menyelesaikan pekerjaannya sehingga Tuhan Campur Tangan Kenangnya.
Walau saat ini secara Ekonomis terbilang cukup? Aris tak melupakan masa lalunya, sehingga dirinya percaya Jabatan adalah kepercayaan Pimpinan dan campur tangan Tuhan dan dukungan Keluarga terutama Istri. Oleh karena itu, menjaga kepercayaan dengan bekerja keras dan melayani dengan sunguh dan melibatkan Tuhan dalam setiap pengambilan keputusan merupakan pondasi dalam kehidupannya kata pria yang memiliki motto Hidup harus menjadi berkat bagi banyak orang, sehingga dalam melaksanakan pekerjaan melayani orang lain dengan iklas kata pria yang kini membawahi 175 Staf dibagian umum sebagai kasubag rumah tangga. Sebelumnya menjabat sebagai Kepala Sub Bagian Perlengkapan dan Rumah Tangga diBagian Umum Setda Rote Ndao terkadang diperhadapkan dengan Rutinitas yang padat dan bersamaaan sehingga untuk membagi waktu dengan keluarga tidak ada. Aris sendiri memiliki jurus ampuh dengan terus berkomunikasi dengan keluarga melalui media Hanphone menginformasikan keberadaannya dan keluarga memahaminya.
“Pekerjaan dan Keluarga semua penting, dan terpenting bisa dijalangkan bersama tanpa mengorbankan yang lain dengan kemudahan Kemajuan Teknologi dizaman seperti ini,” kata Aris. ♦ ido

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.