B J. Habibie

B J. Habibie

SAYA harus mencatat di coretan saya kali ini tentang sosok BJ. Habibie Presiden RI ketiga. Sosok sangat fenomenal, sosok ahli teknologi dalam dan luar negeri, meluncur karya yang monumental sejagat raya, membuat pesawat, sebagai tokoh yang membuat sejarah Indonesia terhentak. Seluruh rakyat Indonesia mulai dari Presiden Jokowi, para pejabat penting di negeri ini, perorangan dari kota sampai pelosok kampung mengucapkan rasa duka yang mendalam.
Tokoh yang sangat cerdas dan patut di catat dalam sejarah Indonesia bahwa satu-satunya Presiden Indonesia yang bukan orang Jawa, hanya seorang BJ. Habibie yang lahir di Pare-pare Sulwesi Selatan. Tak terhingga karyanya monumental yang tak bisa catat di kolom kecil ini. Semua media cetak nasional, televisi sampai media cetak lokal dan media sosial menulis tentang Pahlawan Indonesia kita BJ. Habibie.
Generasi muda Indonesia harus belajar dari buah hati dan karya monumentalnya BJ. Habibie. Kita di NTT juga mengenang tokoh kita yang meninggal sehari sebelumnya yaitu Klemens Meba. Klemens pergi untuk selamanya, tetapi karya untuk daerah NTT dan gereja patut kita kenang, terutama generasi muda NTT. Klemens Meba pensiun dari PNS dengan sejumlah jabatan penting yang sudah dilakoninya yaitu Kepala Badan Diklat NTT, Kadis P dan K NTT dan mantan Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Kupang. Banyak karya, banyak pula sederatan jasanya yang sudah dicatat dalam lembaran sejarah. Kita turut berduka untuk sosok fenonal menal, sosok rendah hati dengan sejuta karya untuk NTT dan gereja Katolik. Selamat jalan sahabat baik, Engkau telah bahagia dalam kehidupan abadai bersama para kudus di Surga.
Di musim panas ini, sederetan peristiwa kita rakyat Indonesia saksikan dengan pelantikan anggota dewan yang baru, tetapi kita juga disuguhi berita kurang enak. Dari sekian banyak anggota dewan menggadaikan Surat Keputusan penetapannya sebagai anggota dewan di bank untuk mendapatkan uang. Kita prihatin dan kita sesalkan sikap manusia yang lebih berorientasi pada materi dunia semata. Semoga anggota dewan kita yang baru di lantik tidak berperilaku demikian. Kita memahami bahwa kantong si anggota dewan kosong dan harus menutup kekurangan selama masa kampanye dan bercita-cita menjadi orang terpandang di kampungnya sebagai anggota dewan yang harus punya mobil mewah, punya rumah dan punya selingkuhan baru yaitu wanita. Kita berduka atas peristiwa ini.
Di NTT ada peristiwa baru yang pantas kita catat dan rakyat NTT tahu bahwa wanita mendominasi DPRD NTT. Ketua DPRD NTT dijabat seorang wanita Emi Nomleni yang juga Ketua PDIP DPD NTT, Wakil Ketua juga dijabat wanita Ince Sayuna yang juga bergelar doktor, magisteri hukum dan seorang notaris. Ada pula Maria Nuban Saku juga wanita yang memimpin sebagai Ketua Fraksi di DPRD NTT dari Perindo. Semoga mereka mencontoh karya BJ. Habibie sosok nasional yang rendah hati, jujur dan berasal dari luar Jawa. Jangan dicemari dengan perbuatan kotor, perbuatan jahat apa lagi korupsi uang Negara yang adalah hasil dari pajak rakyat. Ada catatan penting pula karya BJ. Habibie bagi rakyat Timor Leste, presiden BJ Habibie menjadi salah satu tokoh yang patut untuk dikenang. Keberanian beliau memutuskan referendum yang menentukan nasib Timor Timur merupakan hal yang takkan pernah terlupakan dan tercatat dalam tinta emas sejarah negeri bernama Timor Leste.
Beberapa waktu lalu pemerintah Timor Leste meresmikan sebuah jembatan di desa Bidau Sant’ana, Dili, yang diberi nama BJ Habibie sebagai bentuk penghormatan terhadap beliau. Jembatan tersebut diresmikan bertepatan dengan ulang tahun referendum ke-20 tanggal 29 Agustus 2019. Menteri PUPR turut hadir dalam peresmian yang dilakukan oleh Menteri PU Timor Leste dan dihadiri juga oleh mantan presiden Timor Leste Jose Ramos Horta.
Panjang jembatan tersebut sekitar 540 meter dengan lebar 8 meter dua jalur menghabiskan anggaran sekitar 3,9 juta Dollar AS. Menjadi sebuah kehormatan tersendiri bagi pemerintah Indonesia dan presiden BJ Habibie seiring dengan peresmian jembatan tersebut. Moment bersejarah karena semua terjadi pada waktu sangat berdekatan dengan meninggal Presiden RI ketiga BJ. Habie. ♦

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.