Baru Tiga Fraksi Masukkan Nama dan Komposisi Anggota

Baru Tiga Fraksi Masukkan Nama dan Komposisi Anggota

SETELAH pengucapan sumpah janji anggota DPRD Kabupaten Rote Ndao masa bakti 2019-2024, saat ini sementara dilakukan proses pembentukan fraksi-fraksi, pasca dikeluarkannya surat Pimpinan Sementara DPRD setempat perihal pembentukan fraksi-fraksi DPRD.
Ketua Sementara DPRD Rote Ndao Alfred Saudila yang dikonfirmasi di gedung DPRD setempat, Selasa (17/9) mengatakan, pihaknya telah mengeluarkan surat kepada pimpinan partai politik yang memperoleh kursi di DPRD setempat untuk mempercepat pembentukan fraksi-fraksi.
Menurutnya, berdasarkan ketentuan Undang-Undang MPR, DPR, DPD dan DPRD (UU MD3) disebutkan bahwa setiap anggota DPRD harus menjadi anggota salah satu fraksi, dan setiap fraksi beranggotakan paling sedikit sama dengan jumlah Komisi di DPRD.
“Komposisi fraksi paling sedikit terdiri atas Ketua, Sekretaris, dan Anggota yang dipilih dari dan oleh anggota fraksi. Setelah pembentukan fraksi dilaporkan kepada Pimpinan Sementara DPRD untuk diumumkan dalam rapat paripurna,” katanya.
Dikatakan Alfred, partai politik yang jumlah anggotanya di DPRD mencapai ketentuan sebagaimana dimaksud atau lebih dapat membentuk satu fraksi. Sementara dalam hal partai politik yang jumlah anggotanya di DPRD tidak memenuhi ketentuan sebagaimana dimaksud, maka anggotanya bisa bergabung dengan fraksi yang ada atau membentuk fraksi gabungan.
Fraksi Gabungan dibentuk berdasarkan kesepakatan atau keputusan bersama, di mana fraksi gabungan paling banyak dua fraksi. Sehingga, fraksi di DPRD Kabupaten Rote Ndao yang dahulunya berjumlah delapan kemungkinan akan berkurang menjadi tujuh fraksi karena terjadi penamabahan dan atau berkurangnya perolehan kursi parpol pada pemilu lalu.
“Masih belum final, namun kemungkinan hanya ada tujuh fraksi di DPRD Kabupaten Rote Ndao. Partai yang tidak memenuhi syarat harus membentuk fraksi gabungan atau bergabung ke fraksi partai yang sudah memenuhi syarat,” katanya.

Baru Tiga yang Masuk
Terpisah, Sekretaris DPRD Kabupaten Rote Ndao Benyamin Koamesah yang dikonfirmasi di ruang kerjanya, mengungkapkan hingga kini baru tiga fraksi yang memasukkan nama dan komposisi fraksi ke Pimpinan Sementara melalui Sekretariat DPRD, yakni Fraksi Gabungan PKB-Gerindra, Fraksi Gabungan Demokrat Sejahtera, dan Fraksi Perindo. “Dari tiga fraksi yang sudah memasukkan nama dan komposisi anggotanya itu terdiri dari dua fraksi gabungan, yakni dua anggota Dewan PKB dan satu anggota Dewan Gerindra yang membentuk Fraksi Gabungan PKB-Gerindara, dan dua anggota Dewan Partai Demokrat ditambah satu anggota Dewan PKS yang membentuk Fraksi Gabungan Demokrat Sejahtera. Sementara Perindo yang merupakan fraksi murni beranggotakan tiga Dewan Perindo dan dua anggota Dewan asal PPP,” ujarnya.
Sementara empat fraksi murni lainnya, yakni Fraksi NasDem, Golkar, PDIP, dan Hanura belum menyampaikan komposisi keanggotaan fraksi masing-masing.
“Kami masih menunggu pemasukkan nama dan komposisi empat fraksi tersebut. Setelah masuk, akan dilaporkan kepada Pimpinan Sementara DPRD untuk diumumkan dalam rapat paripurna,” unjarnya. ♦ ido

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.