BPJS Kesehatan Segera Bayar Tunggakan di RSUD Ende

BPJS Kesehatan Segera Bayar Tunggakan di RSUD Ende

BADAN Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan cabang Ende akan segera membayar tunggakan mitra kesehatan seperti di Rumah sakit umum Daerah (RSUD) Ende pekan depan. Hal tersebut dikatakan oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Ende, Indira Azis Rumalutur kepada media ini melalu Seluler whatsApp (WA) pribadinya Rabu ( 20/11) siang.
Indira Azis Rumalutur mengatakan ada perbedaan pencatatan di Rumah Sakit. BPJS Kesehatan menghitung kewajiban pembayaran berdasarkan klaim yang sudah diajukan oleh rumah sakit dan telah diverifikasi oleh BPJS Kesehatan. Besar rupiahnya dituangkan dalam Berita Acara (BA) dengan rumah sakit. Lanjut Indira Azis Rumalutur sejauh ini BPJS Kesehatan sudah menyelesaikan verifikasi sesuai SLA yakni dalam 15 hari sejak klaim dinyatakan lengkap diajukan oleh faskes. “Di catatan kami sampai dengan saat ini sepanjang tahun 2019, pengajuan klaim dari RSUD Ende sebesar kurang lebih 17,1 Miliar dan telah terbayarkan 12,6 Miliar “ungkap Indira Azis Rumalutur.
Pihaknya menambahkan sisa klaim yang belum terbayarkan akan dibayar dalam waktu dekat yang mana sudah dijadwalkan dalam minggu ini. Diperkirakan pada 22 November ini ada pembayaran klaim ke seluruh mitra BPJS. Kata Indira Azis Rumalutur, pihak BPJS mengapresiasi seluruh mitranya dalam hal ini rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya, yang tetap berkomitmen memberikan pelayanan sesuai mutu layanan walaupun kondisi pembayaran klaim dari BPJS Kesehatan belum dapat selancar yang diharapkan.
“Secara regulasi, sudah kita jalankan dengan tertib yakni denda keterlambatan pembayaran klaim yang kami bayarkan ke faskes sebagai tambahan dari klaim utama yang ditagihkan” tuturnya.
Ia menjelaskan BPJS Kesehatan memiliki kewajiban membayar denda keterlambatan pembayaran klaim sebesar 1% /bulan, dihitung secara proporsional dari tanggal jatuh tempo pembayaran. sehingga ada kompensasi keterlambatan pembayaran yang diterima oleh faskes mitra. Dirinya berterima kasih dan apresiasi terhadap komitmen dan mutu layanan yang tetap dipertahankan dengan baik oleh pihak RSUD Ende sebagai salah satu mitra BPJS Cabang Ende. ♦ kumparan/djolan rinda

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.