Buku “Merah Putih Tergadai di Perbatasan” Dilaunching

Buku "Merah Putih Tergadai di Perbatasan" Dilaunching

BUKU berjudul “Merah Putih Tergadai di Perbatasan” karya Winston Rondo anggota DPRD NTT bersama penulis ternama asal Surabaya, Jemmy Setiawan diluncurkan di Kupang, Jumat 27 Oktober 2017. Bedah dan peluncuran buku perdana Wisnton Rondo ini menghadirkan narasumber, Ketua Komisi V DPR RI Fary Francis, Anggota Komisi III DPR RI Herman Heri, Pemred Pos Kupang Dion DB. Putra, Kadis Pariwisata NTT Marius Jelamu dan Pengamat Politik Dsvid Pandie. Jemmy Setiawan menjelaskan latar belakang ia bersama Winston menulis buku tersebut dilihat dari sudut padang kehidupan di berbagai wilayah perbatasan. Karena perbatasan menjadi etalase terdepan yang perlu perhatian serius pemerintah. ” Jangan nasionalisme dari masyarakat, kalau tidak berikan mimpi dan harapan di perbatasan,” katanya.
Hal senada juga disampaikan Winston, bahwa nasionalisme menjadikan rakyat berdaulat atas dirinya sendiri. Jika masyarakat di perbatasan belum bisa mengurus diri sendiri karena miskin, bodoh dan sakit – sakitan. “Bagaimana caranya ia bisa menjaga kedaulatan bangsa di sekitar perbatasan,” ujarnya. Semenyara Herman Heri menilai buku tersebut sangat menggugah pengambil kebijakan untuk melihat perbatasan. Menurutnya DPR sudah berjuang untuk percepatan pembangunan di daerah Perbatasan RI – Timor Leste dengan membangun pos lintas negara di Mita’ain Belu, Motamasin Malakan dan Wini TTU. Dan untuk mewujudkan pembangunan itu, maka Belu di Mekarkan menjadi dua dengan Kabupaten Malaka. ” Pemekaran itu bukan untuk bagi – bagi kekuasaan, tapi untuk dekatkan pelayanan di Perbatasan,” ujarnya.
Demikian juga Fari Francis, bahwa dirinya sudah membangun dari perbatasan dengan sekolah sepak bola (SSB) di Kabupaten Belu. “Moto saya membangun dari daerah perbatasan,” katanya. Menurutnya ada tiga prioritas pembangunan untuk sebuah wilayah perbatasan, yakni infrastruktur untuk mendukung ketahanan pangan, termasuk di perbatasan. Pembangunan infrastruktur di daerah terdepan atau perbatasan juga menghubungkan tol laut. ♦ terasntt.com

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.