Bupati Lens : “Biasakan Membaca”

Bupati Lens : "Biasakan Membaca"

BUPATI Rote Ndao, Drs. Leonard Haning, MM meminta agar membaca harus dijadikan sebagai kebiasaan atau budaya setiap waktu yang akan membawa dampak positif bagi setiap pribadi dimasa kini maupun masa yang akan datang. Sebab dengan membaca kita mendapatkan informasi yang kita butuhkan. Karena itu budaya baca adalah tuntutan dunia modern atau jaman now yang perlu dikumandangkan sehingga kita benar-benar menjadi masyarakat belajar dan membelajarkan masyarakat.
Hal tersebut disampaikan Bupati dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah, Drs. Jonas M. Selly, MM saat membuka kegiatan pengembangan minat dan budaya baca yakni lomba bercerita bagi siswa-siswa SD/MI dan lomba berpidato bagi siswa SMA/SMK/MA tingkat Kabupaten Rote Ndao di halaman depan Bagian Perputakaan dan Arsip Setda Rote Ndao Selasa 22 Mei 2018 siang.
Dikatakan Bupati Lens Haning, kegiatan ini harus menjadi daya dorong yang kuat untuk meningkatkan minat baca masyarakat yang dinilai masih sangat rendah. ” Membaca dikalangan masyarakat masih rendah karena itu kegiatan ini harus menjadi pemicu semangat untuk meningkatkan kebiasaan membaca masyarakat. Dan bagi peserta didik banyaklah membaca untuk meningkatkan pengetahuan dan meraih prestasi belajar dibangku sekolah,” pesannya.
Bupati berharap kegiatan ini dapat menunjang terciptanya situasi kondisi sosial masyarakat yang berpikir cerdas, sehat dan produktif yang secara umum mendukung pengembangan modal dasar bagi proses pembangunan.
“Saya juga perlu sampaikan kepada peserta lomba bahwa menjadi juara juga penting karena akan menjadi duta bercerita dari Rote Ndao untuk mengikuti lomba ditingkat Provinsi NTT tetapi yang tidak kalah penting adalah bagaimana menghargai proses untuk menjadi juara dan lebih dari itu membaca bisa menjadi kebiasaan dimanapun dan kapanpun,” tambah Bupati Lens.

Meizan Tjong Wakili Ronda
Berdasarkan Keputusan Dewan Juri Kegiatan Pengembangan Minat dan Budaya Baca tingkat Kabupaten Rote Ndao Nomor : BAG. PERPUSAP.041/001/ DJ/ V / 2018, tanggal 22 Mei 2018 tentang pemenang lomba kegiatan pengembangan minat dan budaya baca maka untuk lomba bercerita bagi siswa SD/MI yang berhasil keluar sebagai juara I adalah Meizan S. Tjong dari SD Inpres 02 Ba’a, kecamatan Lobalain, Juara II, Humairotun N. Badjideh, SD Negeri Pepela, kecamatan Rote Timur dan Juara III, Indiyana Uly, dari SDK St. Kritoforus Ba’a.
Sementara untuk Lomba Berpidato, Juara I, Sprina Relam, SMA Negeri 1 Lobalain, Juara II, Enga P. Adu, SMA Negeri 1 Rote Barat Daya dan Juara III, Dema A. Theon, SMA Negeri 1 Pantai Baru. Tim Juri, Noriana Pellu, S.Pd (Ketua) Regina Pasmahi, S.Pd (sekretaris) dan Mahelina Doroh, S.Pd (anggota).
Ketua Panitia kegiatan, Morids Bulan, S.Pd. M.Si pada kesempatan ini mengatakan bahwa juara I lomba bercerita akan mewakili kabupaten Rote Ndao pada lomba yang sama ditingkat Provinsi NTT pada bulan ini juga.
” Jadi Meizan Tjong yang akan ikut lomba di Kupang pada bulan Mei ini. Kita berharap ada sela beberapa waktu ini dapat dimaksimalkan untuk mempersiapkan diri lebih baik lagi sebab ditingkat Provinsi saingan tentu semakin ketat. Kita doakan agar saatnya dia bisa tampil menjadi yang terbaik,” tambah Morids. ♦ umum, humas dan protokol rote ndao

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.