Bupati Rote Bantu Pompa Air Untuk Petani dan Peternak Sanggaoen

Bupati Rote Bantu Pompa Air Untuk Petani dan Peternak Sanggaoen

DITENGAH pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu terus melakukan blusukan untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi warga.
Minggu 10 Mei 2020, Bupati Paulina didampingi Kabag Umum, Humas, dan Protokol Handryans Bessie mendatangi kelompok petani dan peternak di Dusun Ne’e Mok, Desa Sanggaoen, Kecamatan Lobalain, yang selain terdampak Covid-19, juga harus berhadapan dengan kekurangan air bagi persawahan dan ternak mereka.
Kabag Umum, Humas, dan Protokol Handryans Bessie yang ditemui VN di ruang kerjanya, Senin (11/5), menjelaskan, Bupati Rote Ndao berkunjung ke wilayah tersebut untuk melihat dari dekat kondisi yang dialami warga petani dan peternak di situ karena ada keluhan melalui surat yang disampaikan kepada bupati.
Pada kunjungan tersebut, kata dia, Bupati Paulina menyerahkan mesin pompa air beserta perlengkapannya untuk membantu kelompok petani dan peternak karena kondisinya cukup memprihatinkan.
Menurutnya, sumber air dari Danau Holoama yang biasanya melimpah dan dapat dimanfaatkan bagi kebutuhan irigasi sawah, tanaman hortikultura, juga pasokan air untuk minum ternak, kini debit airnya kering akibat curah hujan yang tidak terlalu banyak tahun ini.
Bantuan pompa air tersebut, kata dia, akan digunakan untuk memompa air dari sumur untuk kebutuhan sawah, tanaman hortikultura, dan minum ternak kelompok petani dan peternak di wilayah tersebut. “Ibu Bupati berharap bantuan tersebut dapat digunakan sebaik-baiknya oleh kelompok, sehingga walaupun dalam kondisi terdampak Covid-19 saat ini, para petani tidak gagal tanam dan gagal panen,” imbuhnya.
Handryans mengatakan selain bantuan pompa air tersebut, Bupati Paulina juga menyalurkan bantuan 19 paket sembako bagi lansia dan masker untuk para petani dan peternak. “Bantuan ini merupakan sumbangan pribadi Ibu Bupati karena hampir semua pos bantuan sosial sudah digeser untuk menangani Covid-19. Jadi sekali lagi kami tegaskan bahwa ini merupakan bantuan pribadi Ibu Bupati, bukan dari APBD,” katanya. Kepala Desa Sanggaoen Salmun Bailao yang menerima bantuan pompa air tersebut menyampaikan terima kasih kepada Bupati Rote Ndao atas bantuan kepada para petani dan peternak di wilayah tersebut. Hal senada disampaikan Ketua Kelompok Petani dan Peternak Dusun Ne’e Mok Yusuf Bailao. Bantuan ini, kata dia, merupakan bentuk kepedulian yang sangat tak ternilai karena di tengah pandemi Covid-19, di mana bantuan sejenis sudah digeser ke bantuan Jaring Pengaman Sosial, tetapi Ibu Bupati mengeluarkan uang ribadi untuk membantu masyarakat kami.
“Kami sangat berterima kasih kepada Mama Bupati yang sudah memperhatikan para petani dan peternak di Dusun Ne’e Mok, Desa Sanggoen ini,” katanya. ♦ ido

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.