Camat Muskanan : Dua Desa Di Roteng Gelar Pilkades

Camat Muskanan : Dua Desa Di Roteng Gelar Pilkades

 

SEBANYAK 69 desa di Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang sempat dipending tahapan prosesnya akibat adanya surat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) yang menyatakan bahwa pemilihan kepala desa ditunda setelah pelaksanaan pilkada serentak, akhirnya disetujui pelaksanaannya pada 19 Desember mendatang.
Pilkades serentak tersebut berdasarkan surat dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor: 141/4528/SJ tanggal 10 Agustus 2020, perihal Penundaan Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Serentak, setelah pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 9 Desember 2020, demi menjaga kondusifitas dan stabilitas keamanan, Khusus kabupaten Rote Ndao Pilkades digelar karena tidak ada pilkada sehingga Pilkades di Gelar Serentak 19 Desember 2020.
Pemilihan Kepala Desa itu, mengacu pada Perda Nomor 08 Tahun 2019 Tentang pemilihan Kepala Desa (Pilkades) dan peraturan Bupati Nomor 6 Tentang perunjuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa dan peraturan Bupati Nomor 5 tentang surat kuasa, Kotak suara dan perlengkapan peralatan pemilihan kepada Desa Kabupaten Rote Ndao.
Menurut Camat Rote Tengah, Marthen Muskanan, S.Sos. kepada wartawan diruang kerjanya, Sabtu (3/10/2020) siang mengatakan untuk kecamatan Rote Tengah ada dua desa yang akan menggelar pemilihan kepala Desa, yakni Desa Ngodimeda dengan data pemilih sebanyak 609 dan Desa Siomeda dengan jumlah pemilih 558 pemilih.
Saat ini proses tengah berlangsung, terhitung Tanggal 2 sampai 6 Oktober 2020 panitia mengumumkan persyaratan Bakal Calon Kepala Desa, dan tanggal 7 sampai 20 Oktober 2020, bakal calon kepala desa akan melamar, untuk sementara semua proses berjalan lancar berkat kerjasama dengan Pihak Keamanan ditingkat Kecamatan baik polisi dan Juga TNI. Camat Muskanan mengatakan dalam setiap kesempatan dirinya berpesan kepada para calon kepala desa agar dalam melaksanakan sosialisasi untuk merebut simpati sang pemilik suara (masyarakat ). beretikan sesuai dengan rambu-rambu. “Mari jadikan ajang Pilkades sebagai sarana demokrasi yang bermartabat dengan mengedepankan rasa cinta damai dan persaudaraan serta senantiasa menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat,” cetus camat didampingi Kepala Seksi (Kasi) Pemerintahan Kecamatan Rote Tengah Ferdinan Sinlaeloe. ♦ ido

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.