Cegah DBD Dinas Kesehatan Rote Ndao Gandeng Stakholer Bagi Abate

Cegah DBD Dinas Kesehatan Rote Ndao Gandeng Stakholer Bagi Abate

PEMERINTAH Kabupaten Rote Ndao melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Rote Ndao menghimbau kepala bagi warga Rote Ndao agar antisipasi kasus demam berdarah dengue (DBD) yang telah telah terjadi beberapa wilayah di Nusa Tenggara Timur
“Kami minta warga Rote Ndao untuk waspada DBD yang marak melanda sejumlah kabupaten/kota di NTT, “Walau diwilayah Rote Ndao tidak ada korban akibat DBD pada Januari 2019 demikian diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rote Ndao, drg. Suardi kepada EXPO NTT, Senin 28 Januari 2019.
Ia mengatakan untuk mengantisipasi terjadinya demam berdarah dengue (DBD) pihaknya bekerjasama dengan sejumlah komponen terkait dari tingkat desa hingga kelurahan untuk membagikan. Kadis Kesehatan Rote Ndao mengatakan, pihaknya melakukan pembagian bubuk abate kepada warga agar dapat ditaburkan dalam bak air sehingga jentik nyamuk tidak hidup. “Jentik nyamuk ini hidup di air yang bersih seperti dalam bak kamar mandi, ” ujarnya. “Desa dan kelurahan belum terjangkit DBD namun kita antisipasi dari awal pencegahannya,” ujarnya dan menambahkan, sampai Januari Akhir Januari DBD tidak ada laporan.
Selain itu cara pencegahan berkembang biak nyamuk DBD dengam melakukan 3M, yaitu, menguras tempat-tempat penampungan air sekurang-kurangnya seminggu sekali, menutup rapat-rapat tempat penampungan air.
Dan mengumpulkan, menguburkan, memanfaatkan atau menyingkirkan barang-barang bekas yang dapat menampung air hujan seperti kaleng bekas, plastik. Suardi mengimbau kepada warga agar menjaga kebersihan lingkungan sehingga nyamuk tidak bersarang dan menyebabkan DBD. “Urus air agar jangan tergenang. Jika ada anak yang panas segera dibawa ke pusat pelayanan kesehatan,” katanya. ♦ ido

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.