DKPP Gelar Sidang Aduan Dugaan Pelanggaran Kode Etik Di Kupang

DKPP Gelar Sidang Aduan Dugaan Pelanggaran Kode Etik Di Kupang

DEWAN Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menggelar sidang perkara dugaan pelanggaran kode etik terhadap KPU dan Bawaslu di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat 16 November 2018.
Sidang pengaduan digelar secara maraton sejak Jumat pagi hingga petang terhadap tiga permohonan dari masyarakat dan partai politik. Permohonan ditujukan kepada KPU dan Bawaslu Rote Ndao, KPU Kota Kupang, dan Bawaslu Flores Timur. Sidang dipimpin anggota DKPP Teguh Prasetyo dan anggota yang terdiri dari Jemris Fointuna dari Bawaslu NTT, Gasim dari KPU NTT, dan Burhanudin Gesi dari tim pemeriksa daerah (TPD) NTT. Dalam sidang ini, selain mendengarkan dalil aduan pengadu dan jawaban dari teradu, juga mendengarkan keterangan saksi. Anggota Forum Pemuda Peduli Rote Ndao Endang Sidin yang mengadukan KPU dan Bawaslu Rote Ndao mengatakan surat keberatan terkait dugaan kepemilikan ijasah palsu oleh calon bupati Rote Ndao Paulina Bullu dikirim ke KPU dan Bawaslu pada 26 April 2018 namun tidak ditanggapi. “Kami mengajukan keberatan tehadap Paulina Bullu yang sudah ditetapkan KPU Nomor 60/Kpts/KPU-Kab.018.434.053/2018 tentang penetapan pasangan peserta pilkada Rote Ndao 2018,” tulis Endang dalam berkas pengaduan. Menurut Dia, hasil investigasi terhadap ijasah Sekolah Menengah Ekonomi Atas (SMEA) Negeri Kupang terhadap ijasah Paulina, tidak tercatat dalam daftar register sekolah. “Paulina tidak tercatat dalam daftar register Tahun Ajaran 1973,” ujarnya.
Untuk Bawaslu Flores Timur, pengaduan disampaikan oleh masyarakat bernama Gafar Ismail dan kuasa hukum Sukirman. Mereka mengadukan anggota Bawaslu Flores Timur Karolus Riang Tukan, Arifin Atanggae, dan Dahlya Reda Ola. Sedangkan pengadu terhadap KPU Kota Kupang berasal dari dua anggota partai politik yakni Bambang Sutejo dan Abdulla Toda, mengadukan anggota KPU Marianus Minggo, Lodowyk Fredrik, Deky Ballo, dan Trovimus Makandolu. ♦ media indonesia/palce amalo

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.