Dokar Fakultas Ekonomi Laksanakan Pengabdian kepada Masyarakat Lepembusu Kelisoke

Dokar Fakultas Ekonomi Laksanakan Pengabdian kepada Masyarakat Lepembusu Kelisoke

 

♦ Peringatan Panca Windu Universitas Flores

PERINGATI Panca Windu Universitas Flores (Uniflor) yang jatuh pada tanggal 19 Juli 2020, dosen dan karyawan (dokar) Fakultas Ekonomi Uniflor melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di 3 (tiga) desa di Kecamatan Lepembusu Kelisoke yaitu Desa Mukureku, Desa Mukureku Sa’ate, dan Desa Ndikosapu. Lokasi Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat yang merupakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi tersebut dipilih di Desa Mukureku Sa’ate. Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Umum Yayasan Perguruan Tinggi Flores (Yapertif) Dr. Laurentius D. Gadi Djou, Akt., Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum dan Keuangan Uniflor Falentia Lucia Banda, S.E., M.Sc., Dekan Fakultas Ekonomi Uniflor Iriany Dewi Soleiman, S.E., M.Sc. beserta jajaran Wakil Dekan, Ketua Panitia Dr. Rafael Octavianus Byre, S.E., M.Sc., Camat Lepembusu Kelisoke Damianus Frayalus, S.H., Kepala Desa Mukureku Markus Taju, Kepala Desa Mukureku Sa’ate Frans Ratu, Sekretaris Desa Ndiko Sapu Yosef Paso, Kapolsek Detusoko IPDA Lukas Bao Lile, dosen dan karyawan Uniflor, serta masyarakat dari ketiga desa.
Kegiatan dimulai dengan penyambutan rombongan dokar Fakultas Ekonomi oleh masyarakat diiringi feko genda, pembukaan oleh Ketua Adat Antonius Nggali, sambutan-sambutan, seminar dan tanya-jawab, penyerahan bantuan sembako secara simbolis, penandatanganan plakat Uniflor, dan penandatanganan Berita Acara kegiatan. Adapun penandatanganan kerja sama akan dilaksanakan di Uniflor. Dalam sambutannya, Camat Lepembusu Kelisoke mengungkapkan gambaran umum Kecamatan Lepembusu Kelisoke, termasuk tentang obyek wisata yang ada dan pernah dikunjungi oleh wisatawan baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara, serta lokasi-lokasi yang berpotensi wisata.
Atas nama seluruh masyarakat dan pemerintah desa, Camat Lepembusu Kelisoke menyampaikan ucapan terima kasih dan mengapresiasi seluruh civitas akademika Uniflor dalam hal ini Fakultas Ekonomi, khususnya kepada Ketua Umum Yapertif yang telah berkenan memilih dan menunjuk Kecamatan Lepembusu Kelisoke khususnya Desa Mukureku, Desa Mukureku Sa’ate, dan Desa Ndiko Sapu sebagai tempat kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui program pengembangan desa mitra dan membagikan sembako kepada masyarakat yang membutuhkan. Semoga bantuan tersebut dapat meringankan beban masyarakat dan pandemi Covid-19 diharapkan segera berakhir agar kehidupan dapat kembali berjalan normal. Sembako yang diserahkan juga merupakan salah satu bentuk intervensi dari pihak Uniflor dalam mengatasi dampak Covid-19 juga untuk meringankan beban ekonomi yang dihadapi masyarakat. Kepada masyarakat ketiga desa, Camat Lepembusu Kelisoke berharap agar memanfaatkan kesempatan yang baik ini untuk menimba pengetahuan yang diberikan oleh pihak Uniflor melalui seminar, dan dapat diimplementasikan di lingkungan keluarga, masyarakat, maupun pemerintah desa.
Ucapan terima kasih juga disampaikan oleh Tua Adat yang mewakili ketiga desa Antonius Nggali. Dalam hal pendidikan, dikemukakan bahwa di Desa Mukureku Sa’ate telah dibangun sekolah baru dan diharapkan sekolah tersebut mendapatkan perhatian dari pihak Uniflor.
Mewakili Rektor Uniflor, Wakil Rektor Bidang Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum dan Keuangan Uniflor dalam sambutannya mengungkapkan bahwa Uniflor dengan 7 (tujuh) fakultas dan 16 (enam belas) program studi sampai dengan tahun 2020 telah menghasilkan kurang lebih 20.000 Sarjana yang tersebar tidak saja di Pulau Flores maupun Provinsi NTT tetapi juga di seluruh Indonesia di mana 15.500 Sarjana Pendidikan telah mengabdi di sekolah-sekolah (guru). Pengabdian Kepada Masyarakat yang merupakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah salah satu bentuk kontribusi nyata dari Uniflor kepada masyarakat yang kali ini mengunjungi Desa Mukureku, Desa Mukureku Sa’ate, dan Desa Ndikosapu di Kecamatan Lepembusu Kelisoke. Untuk desa-desa lain akan diupayakan dapat dilaksanakan pada masa mendatang. Diharapkan melalui seminar, ketiga desa tersebut dapat menjadi yang terdepan terutama dalam lini BUMDes. Selain Fakultas Ekonomi, setiap fakultas yang ada di Uniflor pun akan diupayakan untuk dapat menjalin kerja sama dan/atau mengabdi pada desa-desa yang ada. Di akhir sambutannya, Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum dan Keuangan Uniflor mengucapkan terima kasih kepada mosalaki, kepala desa, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda, tokoh wanita, dan Camat Lepembusu Kelisoke, Kapolsek Detusoko, yang telah menerima rombongan pengabdian kepada masyarakat tersebut.
Sebelum kegiatan seminar, dalam pengantarnya Ketua Umum Yapertif mengatakan bahwa Uniflor adalah lembaga pendidikan yang secara prinsip datang ke desa untuk berbagi pengetahuan. Ada 7 (tujuh) fakultas di Uniflor dan berencana untuk mencoba melakukan banyak hal salah satunya yang sedang dilakukan saat ini adalah membuat peta tentang obyek-obyek wisata yang ada di Kabupaten Ende. Uniflor bersama Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) akan membantu masyarakat desa melalui gagasan-gagasan dan pengetahuan di mana pelaksananya adalah masyarakat desa itu sendiri. Diupayakan setiap fakultas yang ada di Uniflor dapat menjalin kerja sama dengan setiap desa sesuai bidang ilmu masing-masing. Inilah yang disebut dengan membangun dari desa, membangun dengan pengetahuan. Juga dilaksanakan kegiatan seminar diisi oleh Sekretaris LPPM sekaligus dosen Fakultas Ekonomi Uniflor Dr. Reyna Virginia Nona, S.E., MMA. dengan tema tentang mengenal dan mengoptimalkan hasil bumi yang ada di ketiga desa yaitu holtikultura, tema tentang BUMDes oleh Dr. Hironimus, S.E., M.M., dan tema laporan keuangan oleh Dr. Laurentius D. Gadi Djou, Akt.(2teh). ♦ akununiversitas flores

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.