GSC Rote Barat Laut Gelar Pelatihan Media Komunitas

GSC Rote Barat Laut Gelar  Pelatihan Media Komunitas

GENERASI Sehat dan Cerdas (GSC) di Kecamatan Rote Barat Laut melalui program pelayanan sosial dasar masyarakat menggelar Pelatihan Media Komunitas di Aula Kantor SKB kecamatan Rote Barat Laut.
Pelatihan yang bertajuk “Pengembangan Media Komunitas Dalam Mendukung Pembangunan Desa” di Kecamatan Rote Barat Laut Tahun Anggaran 2017 ini dilaksanakan pada Kamis 26 Oktober 2017 dan dibuka secara langsung oleh Camat Rote Barat Laut, Elias Talomanafe.
Camat Elias Talomanafe mengatakan pentingnya menginformasikan kegiatan kepada publik di desa itu sendiri, juga sebagai bentuk publikasi informasi kepada masyarakat luas. Oleh karena itu ia berharap agar dengan pelatihan ini dapat mendorong partisipasi, swadaya dan akses warga terhadap kegiatan pembangunan melalui media komunitas.
Kegiatan pelatihan media komunitas ini diikuti oleh pendamping lokal, sekretaris desa, KPMD, perwakilan PKK dan para kepala dusun di kecamatan Rote Barat Laut.
“Pelatihan media komunitas ini merupakan langkah awal kita untuk membentuk komunitas jurnalistik bagi masyarakat desa di Rote Barat Laut,” kata Ketua Panitia Drs David Fioh.
Ia menjelaskan pelatihan pengembangan media komunitas ini juga merangsang masyarakat untuk mau belajar menulis, dan catatan lainnya dalam bentuk kaidah penulisan jurnalistik.
Pelatihan tersebut melibatkan pelaku media lokal di Rote Ndao, Pimpinan Umum RoteOnline.com Ricky Ndolu dengan menggunakan metode diskusi dan praktek penulisan berita dan artikel.
“Pelatihan pengembangan media komunitas ini sangat penting untuk mendorong warga desa untuk mengekspresikan gagasan, pikiran dan pengalaman dalam media komunitas. Juga meningkatkan minat baca, minat diskusi dan minat menulis warga desa, ”Jelas David Fioh yang juga Ketua BKAD kecamatan Rote Barat Laut ini.
David berharap ke depan dari pelatihan media komunitas tersebut pihaknya akan membuat wadah media komunitas di desa yang berisikan laporan-laporan serta tulisan dari masyarakat sekitar.
Velci CH Lelis salah seorang peserta media komunitas yang mengikuti pelatihan tersebut menyatakan senang mendapatkan ilmu baru berkaitan dengan dunia pers.
Berita di desa,” jelas dia. “saya senang, dengan pelatihan ini kami di desa dapat mengenal lebih jauh sarana pembelajaran masyarakat, tentang teknik sosialisasi yang efektif dengan menggunakan media lokal. Dengan kegiatan ini kami juga bisa belajar menulis.
Turut hadir dalam pelatihan tersebut, Fasilatator PNPM Kabupaten Rote Ndao Wippo Saudale, Fasilatator Kecamatan Maria G Ane., Ketua OPK Soleman Selly., Ketua BKAD David Fioh dan Pendamping Lokal Eston Selly serta para peserta pelatihan media komunitas. ♦ rool

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.