Gubernur NTT: Dilarang kirim TKI ke Luar Negeri

Gubernur NTT: Dilarang kirim TKI ke Luar Negeri

♦ Sudah tandatangani SK moratorium TKI

 

GUBERNUR Nusa Tenggara Timur Viktor Bungtilu Laiskodat mengatakan bahwa ia sudah menandatangani surat keputusan terkait dengan moratorium pengiriman tenaga kerja Indonesia (TKI) ke luar negeri.
“Saya sudah menandatangani SK moratorium tentang TKI,” katanya singkat kepada wartawan di Kupang, Senin 19 November 2018, ketika ditanya tentang rumor beredarnya informasi tentang sudah dikeluarkannya SK Gubernur NTT tentang Moratorium Pengiriman TKI ke luar negeri.
Ia mengatakan bahwa SK tersebut sebagai landasan hukum bagi Pemerintah Provinsi NTT untuk mencegah pengiriman calon TKI nonprosedural dan tidak terlatih ke luar NTT.
Orang nomor satu di NTT itu menegaskan bahwa pengiriman TKI oleh pemerintah NTT adalah TKI yang sudah terlatih dan prosedural. “Artinya, TKI yang dikirim adalah mereka yang punya keterampilan. Pada saat berada di daerah lain mereka bisa bekerja dan berguna,” katanya.
Data dari Dinas Ketenagakerjaan NTT menunjukkan bahwa selama kepemimpinan Gubernur Viktor dan Josef Nae Soi, kurang lebih 573 calon TKI nonprosedural yang digagalkan keberangkatannya ke luar NTT.
Mereka adalah TKI yang nonprosedural, bahkan di antaranya adalah anak-anak yang diduga tahun dan tanggal kelahirannya diubah oleh oknum. Gubernur NTT mengatakan bahwa pihaknya tidak ingin main-main dengan masalah TKI. Pasalnya, kasus TKI di NTT sudah sangat darurat dan harus segera ditangani. ♦ antaranewsntt.com

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.