Gubernur NTT: Hotel Kelas Melati di Labuan Bajo Tak Akan Dikasih Izin

Gubernur NTT: Hotel Kelas Melati di Labuan Bajo Tak Akan Dikasih Izin

Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Bungtilu Laikodat tidak akan mengizinkan pembangunan hotel kelas melati di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat. Penegasan itu disampaikan Viktor dalam pertemuan tahun Bank Indonesia Perwakilan Cabang NTT, Kamis 13 Desember 2018.
Menurut Viktor, sejumlah daerah di NTT yang maju pariwisatanya seperti Labuan Bajo akan dipersiapkan dengan baik sehingga hanya diperbolehkan hotelnya berbintang satu ke atas. “Pariwisata di NTT akan dijadikan sebagai lokomotif pembangunan di NTT sehingga kalau pilihannya hotel kelas melati maka kami tidak akan kasih izin, terutama di Labuan Bajo,” tegas Viktor.
Manusia Boleh Mati tapi Komodo Tidak. Viktor meyakini jika hotel kelas melati terus eksis, perekonomian masyarakat tidak akan bertumbuh, khususnya community-based tourism atau pariwisata berbasis masyarakat. Oleh karena itu, lanjut Viktor, pihaknya akan menyiapkan masyarakat untuk mendukung community-based tourism sehingga bisa tumbuh di semua tempat destinasi pariwisata.
“Biar komunitas di sana membangun sistem pelayanan pariwisatanya dengan baik,” kata Viktor. doh Pihaknya juga, lanjut dia, akan mendorong hotel kelas melati agar bisa secepatnya naik kelas atau tingkatan. ♦ kompas.com

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.