Jokowi Tinjau Kawasan Wisata Labuan Bajo

Jokowi Tinjau Kawasan Wisata Labuan Bajo

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja di Provinsi NTT. Di NTT, Jokowi a meninjau kawasan wisata di Labuan Bajo.
Pesawat kepresidenan Indonesia-1 yang ditumpangi Jokowi dan Ibu Negara Iriana mendarat sekitar pukul 14.11 WITA di landasan Bandar Udara Komodo, Rabu 10 Juli 2019. Kedatangan Jokowi disambut langsung Gubernur NTT Viktor Laiskodat dan kemudian dilanjutkan sambutan Tarian Tiba Meka dengan ditandai dengan pemberian kain songket dengan diiringi Tarian Caci. Kedatangan Jokowi juga disambut meriah oleh warga lokal ataupun turis mancanegara yang telah menantinya di bandara. Mereka menunggu dan menanti kesempatan untuk bersalaman dan berswafoto bersama. Setelahnya, Jokowi langsung mendengar pemaparan dari Dinas Perhubungan terkait pengembangan Bandara Komodo menjadi Internasional. Dalam kunjungan kerja kali ini, Jokowi didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.
Dari informasi yang dihimpun, Jokowi dan rombongan akan mendatangi Pucak Waringin Labuan Bajo untuk meninjau proyek penatasaan kawasan Puncak Waringin. Sore harinya, mantan Wali Kota Solo itu akan melihat kawasan terpadu Marina Labuan Bajo.

Tingkatkan Kunjungan Wisman
Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin mempercepat pembangunan kawasan wisata di Labuan Bajo, NTT. Dengan demikian, ia berharap semakin banyak turis yang berkunjung ke Labuan Bajo. “Yang ingin kita percepat, pertama bandara, terminal akan kita besarkan, runway diperpanjang, maksimal tahun depan sudah rampung semua. Airport, terminal airport, kemudian pengelolaan akan dilelang, terutama kita ingin agar yang mengelola airport ini yang memiliki jaringan pariwisata internasional, sehingga yang datang ke sini turis-turis yang diharapkan meningkatkan devisa,” ujar Jokowi di Puncak Waringin, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, Rabu 10 Juli 2019.
Labuan Bajo merupakan salah satu destinasi wisata favorit bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Labuan Bajo merupakan ‘pintu gerbang’ menuju Pulau Komodo dan Pulau Rinca.
Oleh sebab itu, Jokowi menggenjot penataan di kawasan wisata ini. Selain pembangunan bandara, Jokowi ingin menggenjot infrastruktur berupa jalanan dan memastikan suplai air bersih terjamin di Labuan Bajo. “Segmentasi yang mau kita ambil di sini beda, segmentasi yang premium. Oleh sebab itu, penataan kawasan Labuan Bajo penting sekali. Kita akan buat trotoar, tahun ini mulai sampai ke ujung, sehingga turis bisa menikmati view yang ada di depan sana. Juga berkaitan kekurangan suplai air juga akan dikerjakan,” sebutnya.
Jokowi ingin penataan kawasan Labuan Bajo secara total. Demikian juga dengan pelabuhan Labuan Bajo yang akan khusus melayani kapal untuk penumpang. “Kita akan rapikan sebagai pusat craft di Labuan Bajo. Ini total memang penataannya. Kemudian pelabuhan untuk kontainer akan dipindah ke tempat lain, di sini hanya untuk penumpang, pinisi. Yang dipindah kargonya aja,” kata Jokowi. ♦ detiknews.com

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.