Jos Nae Soi tamatan Seminari dari Jendela

Jos Nae Soi tamatan Seminari dari Jendela

WAKIL Gubernur NTT Josef A. Nae Soi berkisah, “Saya ini tamatan Seminari Mataloko. Tetapi karena ada persoalan saya hanya bisa ikut dari jendela kelas. Tetapi hanya ikut dari jendela karena tidak daftar resmi. Ada saat tertentu, guru suruh masuk. Ya saya senang. Karena liat saya terus-terus tak pernah abson, maka ketika kelas tiga harus ikut ujian akhir, maka saya diperkenan untuk ikut ujian akhir. Saya senang, karena saya lulus terbaik dan juara satu. Ini kisah fakta,” kisah lepas kepada EXPO NTT dipenghujung Desember 2018 di ruang kerja.
Kerja cepat tanpa tunda dan diselesaikan tuntas, cepat dan tepat menjadi tekad Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat dan Jos Nae Soi. Ada kisah yang menggeletik. Jos Nae Soi, bilang,” Ketika saya dan Viktor baru mulai masuk kerja kok disodorkan lembaran untuk tandatangan. Terjadi mau dikasi uang katanya. Saya tanya ini uang apa, dibilang honor. Lho, kami berdua dengan Pak Viktor belum kerja kok di kasih honor. Bawa pulang uang itu. Saya saya suruh bawa pulang.Ya dari beberapa instansi. Kita sedang terapkan evisiensi, kok uang di kasih tidak jelas.” Katanya. Jonas Nae Soi sosok yang sangat bersajaha, jujur dan taat serta setia panggilan ini lahir di Mataloko/Flores, Nusa Tenggara Timur pada tanggal 22 September 1952. Ia merantau ke Pulau Jawa sejak menjadi mahasiswa di Universitas Atmajaya, Jakarta.
Tinggal di Bekasi bersama istri dan kedua anaknya, Alfredo Sebastanus Soi serta Justina Yosefa Mamo Soi. Josef A. Nae Soi adalah salah satu anggota DPR RI dari fraksi Golongan Karya selama dua periode tanpa cacat. Josef A. Nae Soi memiliki banyak pengalaman di bidang organisasi. Ia sempat menjadi sekertaris DPC PKMRI mulai tahun 1974 hingga tahun 1976. Ia juga pernah menjadi ketua umum Koordinator Mahasiswa Universitas Atmajaya mulai tahun 1977 hingga tahun 1979. Selepas kuliah, ia menjadi wakil ketua umum di HILLSI di Jakarta mulai tahun 1992 hingga tahun 2007. Ia juga tercatat sebagai pengurus DPP Partai Golkar dari tahun 1998 hingga pada tahun 2005.
Setelah itu ia menjadi Pokja DPP Partai Golkar (sejak 2005). Saat ini, Josef A. Nae Soi sedang memperjuangkan peningkatan kualitas hidup rakyat NTT. Sebagai putra asli NTT, ia faham betul susahnya mendapatkan akses berupa infrastruktur dan moda transportasi. Karena itu ia berharap agar pemerintah memberikan perhatian yang lebih serius bagi pembangunan jalan-jalan dan bandara di provinsi ini.
Ada kisah menarik lain, bahwa puteranya bernama Alfredo Sebastianus Soi saat ini menetap di Amerika Serikat dan menekun pendidikan jJurusan Psychology di University of Indonesia serta The University of Queeslan dan pernah belajar di Cimmaron Hig, Kisahnya, kata Jos Nae Soi dalam nada santai sangat bangga karena puteranya ini pernah menjadi tim suksesi ketika Barack Obama berkampanye. “ Dalam sebuah kampanye Barack Obama bilan, di sini ada orang Indonesia. Anak saya bilang I Am. Barack Obama bilang, wauww orang Indonesia. Barack bilang terima kasih Indonesia dalam bahasa Indonesia. Ya termasuk anak saya teriak waktu itu, Barack Obama,,, Barack Obama. Hidup Barack Obama Presiden Amerika. Ini kenangan terindah.” ♦ wjr

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.