Julie Sutrisno Bunda Paut NTT

Julie Sutrisno Bunda Paut NTT

Jumat, 7 Agustus 2020, Oleh Wakil Gubernur NTT Bapak Josef Nae Soi saya dikukuhkan sebagai Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Provinsi NTT di Aula Rumah Jabatan (Rujab) Gubernur NTT.
“Kita harus melakukan suatu revolusi radikal. Ini harus dilakukan secara serius. Masalah pembentukan sumberdaya manusia di NTT tidak bisa kerja dengan cara-cara biasa, tapi dengan cara luar biasa. Merubah manusia NTT butuh inovasi terus-menerus. Merubah orang harus dilakukan sejak usia dini bahkan harus dibentuk sejak dalam kandungan. Tak heran, bila ibu-ibu yang mengandung sering mengusap-usap kandungannya dan berbicara dengan janin sejak usia tiga bulan untuk membentuk alam bawah sadar anaknya.
Ke depan, saya minta teman-teman di perangkat daerah agar cukup jadi regulator saja. Kita jangan sungkan-sungkan kolaborasi dengan PKK dan para Bunda PAUD karena mereka memiliki cinta lebih dari kita. Cinta dalam arti care atau perhatian, fair atau keadilan, dan shared atau berbagi dengan tulus. Mereka kerja tanpa gaji dan selalu bersama dengan masyarakat dan anak-anak.” Ini pesan Bapak Wagub kepada kami dan juga OPD Pemerintah Provinis NTT.
Kami, para perempuan dan wanita seluruh NTT ingin membantu Bapak Gub dan Wagub dalam pengembangan sumberdaya manusia. Kita memiliki sekitar 3.236 Desa di seluruh NTT, kami sadar belum mampu menjangkau semua. Oleh karenanya, kami sepakat memilih 22 Desa Model PKK selama dua tahun ini. Kami fokus di desa-desa Model ini untuk menjadikan Model Pendidikan Usia Dini yang menjadi Role Model untuk nantinya diterapkan diseluruh Desa di Provinsi Kita.
Di Desa Model, setiap pagi anak-anak PAUD diberikan Sarapan Pagi yang bergizi yang dimasak oleh Dasawisma yang ada di Desa Model dengan Anggaran yang bersumber dari APBD Provinsi. Tujuannya adalah untuk pemenuhan gizi anak-anak kita di Desa dan kami juga memberikan SUPLEMEN / FE kepada Remaja Putri SMP dan SMA, tujuannya untuk mempersiapkan kandungan mereka agar ketika menikah dan hamil akan melahirkan bayi yang sehat. Karena secara medis 1000 Hari Pertama Kehidupan menentukan Kesehatan dan Kecerdasan anak oleh karena perkembangan janin didalam kandungan hingga bayi berusia 2 tahun perlu mendapatkan perhatian khusus.
Para orang tua umumnya berpikir PAUD hanya sebagai tempat penitipan anak, padahal pendidikan harusnya dimulai dari masa ini atau usia dini. Di desa model, kami mengedukasi para orang tua tentang peranan penting PAUD sebagai tempat dimulainya dasar Pembentukan Sumber Daya Manusia atau SDM. Para Guru PAUD di Desa Model sebagian besar tidak digaji dan dibayar, hanya karena mereka punya hati untuk mengajar dan berbagi.
Karenanya kami meminta Pemerintah Provinsi khususnya Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa agar memberikan masukan buat para Kepala Desa untuk memanfaatkan sebagian Dana Desa bagi pengembangan PAUD dan juga untuk memberikan insentif kepada para guru PAUD.
Sebagai Bunda PAUD NTT, saya Menghimbau dan Mengajak Bunda-Bunda PAUD baik itu Bunda Kabupaten, Bunda Kecamatan dan Bunda Desa untuk senantiasa berperan aktif melakukan Pemantauan PAUD-PAUD, Posyandu-Posyandu dan Program Bina Balita di Wilayah kita masing-masing, serta Pro Aktif dalam mengidentifikasi masalah-masalah disekitar kita yang berkaitan dengan Stunting, anak-anak kita yang belum ikut PAUD agar segera diikutkan PAUD, serta aktif melakukan Pertemuan-Pertemuan Rutin dengan dengan Orang Tua anak melalui PKK atau di Komite PAUD. ♦ akun fb Julie sutrisno

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.