Kejari Siap Memberikan Pendampingan Akuntabilitas Covid-19

Kejari Siap Memberikan Pendampingan Akuntabilitas Covid-19

BUPATI Rote Ndao Paulina Haning-Bullu dan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Rote Ndao Indra Hadiyanto, Selasa 12 Mei 2020, melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dalam Bidang Hukum Perdata dan Hukum Tata Usaha Negara dalam rangka Pendampingan dan Pengawasan Akuntabilitas Penanggulangan dan Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).
Penandatanganan MoU tersebut dilaksanakan di ruang kerja Bupati Rote Ndao disaksikan Wakil Bupati Stefanus M Saek, Sekda Jonas M Selly, Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Untung Harjito, dan Kabag Hukum dan Perundang-Undangan Hanggry MJ Mooy.
Kajari Rote Ndao Indra Hadiyanto usai acara penandatanganan kepada wartawan menjelaskan, pihaknya siap memberikan pendampingan akuntabilitas bagi Pemkab Rote Ndao khususnya dalam Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara dalam penanganan Covid-19.
Kejari Rote Ndao dalam fungsinya selaku Pengacara Negara, kata dia, akan memberikan Pendapat dan Pertimbangan Hukum (legal opinion), Pendampingan Hukum (legal asistance), Audit Hukum (legal due diligence), dan tindakan hukum lainnya yang dibutuhkan Pemkab Rote Ndao.
Menurut Indra, khusus untuk Bantuan Hukum ketika Pemkab berperkara di pengadilan dengan pihak lain yang bukan institusi pemerintah (negara), maka Kejaksaan akan mendampingi selaku Pengacara Negara. Sedangkan jika Pemkab berperkara dengan sesama institusi pemerintah, maka Kejari tidak bertindak mewakili keduanya dan menyarankan untuk digunakan pengacara praktik. Sedangkan tindakan hukum lainnya, kata Indra, Kejari Rote Ndao dapat menjadi kuasa dari Pemkab di luar pengadilan, contohnya mediasi, negosiasi, dan lain sebagainya.
“Jika dalam penanganan Covid-19 ini Pemkab Rote Ndao membutuhkan pertimbangan, pendampingan, dan audit hukum, maka kami wajib memberikan. Prinsipnya kami siap membantu mengawal anggaran, agar tepat penggunaan dan tidak menimbulkan kerugian negara,” katanya.
Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu atas nama pemerintah dan masyarakat mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Kajari Rote Ndao dan jajaran atas ditandatanganinya MoU tersebut. Paulina berharap semoga Nota Kesepahaman ini dapat dijalankan dengan sebaik-baiknya, sehingga terwujud sinergitas dalam pencegahan serta penanggulanan Covid-19 di Kabupaten Rote Ndao.
“Dengan adanya penandatangan ini mudah-mudahan kita semua lebih teliti dan berhati-hati dalam bekerja. Pak Kajari tolong dan jajaran ingatkan kalau keliru, bantu kami agar bisa lebih baik dalam melaksanakan tugas mulia penanganan Covid-19 ini,” pungkasnya. ♦ ido

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.