Komnas HAM Tetapkan Kabupaten Kupang, NTT Sebagai Salah satu Daerah Terbaik Toleransi Beragama

Komnas HAM Tetapkan Kabupaten Kupang, NTT Sebagai Salah satu Daerah Terbaik Toleransi Beragama

KOMISI Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menetapkan Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur sebagai salah satu daerah terbaik dalam pembangunan toleransi beragama di provinsi berbasis kepulauan ini.
Demikian dikatakan penggagas pembentukan Kampung Toleransi di Kabupaten Kupang, Anselmus Djogo di Kupang, 24 November 2019.
Anselmus Djogo mengatakan, hal itu terkait dilakukannya pembangunan rumah ibadah dari berbagai agama dalam satu kawasan kampung toleransi di Naibonat, Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang.
Menurut dia, pada 2015 Komnas HAM telah menetapkan dua kabupaten di Indonesia yaitu Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur dan Kabupaten Bekasi, Jawa Barat sebagai daerah yang paling baik toleransi beragamanya.
“Kehidupan beragama yang rukun dan sikap toleransi antar umat beragama yang begitu tinggi di Kabupaten Kupang sehingga Komnas HAM menetapkan daerah ini sebagai daerah yang paling harmonis kerukunan hidup beragamanya,” kata Anselmus Djogo.
Dia menambahkan, tujuan dibangunnya kampung toleransi di kawasan Naibonat untuk mempererat hubungan antar umat beragama sehingga dapat hidup saling berdampingan secara baik.
Ia menyampaikan terima kasih terhadap Pemerintah Kabupaten Kupang yang menjunjung tinggi semangat toleransi hidup beragama di daerah ini.
“Mari kita saling menghargai satu sama lain. Pancasila tergambar di Kampung Toleransi di Kabupaten Kupang ini,” kata Anselmus Djogo.
Dikatakannya sudah dua rumah ibadah yang dibangun di kampung toleransi yaitu Gereja Katolik dan masjid. “Kami berharap rumah ibadah lainnya juga segera dibangun di kampung toleransi di Kabupaten Kupang sehingga kehidupan antar umat beragama semakin harmonis,” tegas Anselmu Djogo. ♦amp-galamedianews-com.cdn.ampproject.org

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.