KPUD Rote Ndao Gelar Debat Publik, Calon Bupati Lentera Absen

KPUD Rote Ndao Gelar Debat Publik, Calon Bupati Lentera Absen

KOMISI Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Rote Ndao menggelar debat Publik atau debat antar pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Rote Ndao periode 2018 – 2023 Kegiatan Debat yang diselenggarakan di Aula serbaguna Narwastu Kamis, 29 Maret 2018 dihadiri oleh empat Paslon yakni Paket Sasando, Paket Rote Ndao Baru, Paket Lentera dan Paket Lontar, serta masing -masing pendukung, kecuali Paket Lentera yang hanya dihadiri oleh Pasangan Calon Wakil Bupati, Stefanus Saek,M.Si.
Menurut Ketua KPUD Kabupaten Rote Ndao, Pasangan Calon Bupati dari Paket Lentera Paulina Bullu, SE tidak dapat menghadiri Kegiatan Debat Tahap Pertama dikarenakan yang bersangkutan sedang ada kedukaan sehingga yang bersangkutan tidak dapat menghadiri Kegiatan dimaksud.
Meskipun tidak dihadiri oleh Calon Bupati dari Paket Lentera, namun Debat tetap berjalan, dan terhadap Paket Lentera KPUD tidak dapat memberikan sanksi berdasarkan aturan yang berlaku sebab pasangan Calon Wakil Bupati dari Paket Lentera hadir dalam Debat dimaksud.
Pantauan media ini, masa pendukung memadati Lokasi debat sejak pukul 14.00. sebagian masa terpaksa harus berdesak-desakan di luar ruangan karena tidak mendapatkan tempat untuk menyaksikan secara langsung debat di dalam ruangan.
Kegiatan Debat dibagi dalam lima sesi, diawali dengan pemaparan Visi – Misi oleh masing -masing pasangan calon, dan dilanjutkan dengan menjawab berbagai pertanyaan yang diajukan oleh Moderator sebagai wujud dari pendalaman Visi – misi yang ada. Pada sesi ketiga, para Paslon diminta untuk menyampaikan solusi konkrit mereka terkait dengan isu-isu yang berkembang di Rote Ndao saat ini.
Pada sesi keempat yakni debat Paslon, dimana masing-masing Paslon mengajukan pertanyaan kepada Paslon lainnya dan kembali memberikan sanggahan atas jawaban Paslon yang ditanya.
Debat sesi keempat ini mengundang teriakan histeris dari para pendukung, manakala kandidat yang mereka usung mengajukan pertanyaan ataupun menjawab pertanyaan dari pihak lawan, susasana debat seketika menjadi riuh akibat teriakan para pendukung, bahkan olok-olokkan antara pendukung juga tidak bisa dihindari. Meski demikian Kegiatan Debat tetap berjalan aman sampai selesai sekitar pukul 18.30. Wita. Untuk diketahui yang menjadi Moderator dalam kegiatan debat putaran Satu tersebut adalah Pengamat Politik dari Universitas Muhammadiyah Kupang, Dr. Ahmad Atang. ♦ ido

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.