Mantan Kepala BKAD Alor Soni Alelang di Lantik jadi Sekda Alor

Mantan Kepala BKAD Alor Soni Alelang di Lantik jadi Sekda Alor
BUPATI Alor, Drs. Amon Djobo melantik Drs. Soni O. Alelang sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Alor di Aula Nusantara Rabu, 3/6/2020 pagi. Sebelumnya, Sekda Alor diisi oleh penjabat Yustus Dopong Abor selama 3 bulan.
Amon Djobo dalam sambutannya mengatakan, jabatan sekda merupakan jabatan persahabatan dalam menjembatani eksekutif dan legislatif, bawahan dan atasan dalam birokrasi, serta menjadi sahabat semua masyarakat.
“Kalau ada persoalan maka sekda harus jadi penengah dalam menetralisir keadaan sebab sekda merupakan komandan dalam birokrasi. Sekda juga harus mampu berkolaborasi antara pemerintah dan DPRD bersama unsur forkompinda,” ucap Bupati Amon.
Bupati dua periode ini juga mengingatkan agar dalam penataan birokrasi harus jauh dari kepentingan dan tidak ikut-ikutan dengan urusan politik seperti tahun-tahun kemarin.
“Konsep penataan mental birokrasi harus diutamakan dalam mewujudkan pelayanan pada masyarakat. Daerah ini tidak butuh orang berpendidikan tinggi tetapi miskin moral. Apalagi yang jual orang cari muka untuk mendapatkan keuntungan maupun jabatan,” tegasnya.
Dirinya juga meminta kepada sekda yang baru untuk segera secepatnya menyiapkan draf pelantikan yang sedianya akan dilakukan pada 15 Juni mendatang.
“Kalau bisa prioritaskan mereka yang masih muda dan punya kemampuan dalam bekerja untuk daerah ini. Jangan yang tidak memiliki kerendahan hati dalam melayani dan lebih mengutamakan uang,” tambah Amon Djobo.
Sementara ketua DPRD Alor, Enny Anggrek mengatakan, kecerdasan intelektual, sosial dan emosional sangat dibutuhkan sekda terutama di tengah pandemi covid-19.
“Kita masih banyak membutuhkan inovasi kerja yang akurat menuju tujuan pembangunan daerah,” ungkap Enny.
Politisi PDIP menambahkan, dalam RPJMD 2014 2024 dengan program utama Alor Sehat, Alor Kenyang, Alor Pintar, sekda harus mampu merumuskan penganggaran anggaran secara koorporatif.
“Seorang sekda harus wujudkan kawasan zona bebas korups, kolusi dan nepotisme didalam birokrasi. Kita perlu juga berkolaborasi untuk mendukung jalannya pemerintahan yang baik,” tandas Enny Anggrek.
Ditempat terpisah, Sekda Soni Alelang menyampaikan dirinya akan bekerja maksimal membantu Bupati sesuai tugas, fungsi dan kewenangan sekda.
“Kita harus optimis untuk menjalankan semua arahan pimpinan. Besok kita mulai dengan penataan-penataan administrasi agar semua bisa bekerja dengan nyaman sesuai tupoksi dan alur administrasi,” tutup Soni Alelang. ♦ PA/Da

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.