Mari Landang Ketua Relawan Jokowi Indonesia Korwil NTT

Mari Landang Ketua Relawan Jokowi Indonesia Korwil NTT

MASYARAKAT NTT sangat mengenal Presiden Jokowi karena kryanya. Halnya nama Maria Lanndang, wanita paruhbayah asal Manggarai. Sebagai ibu rumah tangga, Maria memang tak dikenal selama ini. Namun warga NTT perlu mengenalnya. Maria saat ini, khususnya menjelang Pemilu 17 April 2019 perlu mengenalnya. Maria kini menyandang predikat baru sebaga Ketua Koodinator Relawan Jokowi. Bersama rekan sejawat, Maria berkeliling NTT membentuk coordinator disetiap kabupaten di NTT. Tujuan utama Maria dalam rangka mempromosokan agar NTT menang telak, paling tidak 98 persen untuk kemenangjan Jokowi yang sekarang masih Presiden RI.
“Ini tujuan kami membentuk relawan di NTT. Kami memang tidak ada modal yang besar. Ada banyak penyumbang. Salah satunya adalah pemilik warung Diana Nunuhitu. Ibu Nunuhitu yang sering kami panggil dengan Ibu Maria sudah menyumbang kami seperti laptor dan sarana yang kami butuhkan. Ibu ini sangat baik dan sosial,” promosi ibu Maria Laudang menjawab EXPO NTT Rabu 24 Oktober 2018 bilang yang sudah t relawan ini 22 di Kabupaten dan Kota di NTT.
Maria Laundang mengaku dalam dua bulan ini masih fokus pada konsilidasi coordinator dan para relawan seluruh NTT. Banyak program yang sudah dilakukan para relawan ini. Seperti diwartakan liputan6.com relawan Jokowi beryakinan pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden, Joko Widodo atau Jokowi-Ma’ruf Amin akan menang 95 persen di Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Pemilu Presiden 2019. “Targetkan memang 95 persen, karena Jokowi sudah banyak berbuat untuk NTT,” kata Ketua Panitia Deklarasi Jokowi-Ma’ruf, Raymundus Penana Nuba kepada Liputan6.com, beberapa waktu lalu. Pada pemilu Presiden 2014 lalu, menurut dia, pihaknya menargetkan Jokowi menang 80 persen di NTT, namun hasilnya Jokowi menang 72 persen. Setelah empat tahun memimpin dan memperhatikan NTT, maka dia meyakini Jokowiakan menang 95 persen di NTT.
Dia mengatakan ada banyak cara untuk mendongkrak suara Jokowi di NTT. Apalagi perhatian Jokowi untuk NTT sangat tinggi. Dimana dia berkunjung ke NTT sudah 8 kali selama menjadi Presiden. Jokowi juga membangun 7 bendungan di NTT. “Karya-karya Jokowi ini, maka kami yakin target kami akan terpenuhi,” katanya.
Untuk memenuhi target itu, maka Sekretariat bersama (Sekber) Jokowi akan menggelar deklarasi akbar Jokowi-Amin di Kupang pada 23 Agustus 2018 mendatang. Deklrasi ini akan melibatkan sedikitnya 15 relawan Jokowi yang ada di NTT. “Ada 15 relawan yang terlibat dengan menghadirkan sekitar 10 ribu orang,” katanya. Deklarasi ini, kata dia, bertujuan untuk mengajak seluruh masyarakat NTT untuk mendukung Jokowi-Ma’ruf pada Pilpres 2019. Deklarasi ini akan menghadirkan tokoh agama, tokoh pemuda, pendidikan, tokoh adat dan lainnya. Kenapa deklarasi harus dilakukan, lanjut dia, karena ada banyak pihak yang mencoba untuk mempengaruhi masyarakat di NTT dengan kehadiran Ma’ruf Amin yang dikaitkan dengan kasus Ahok. “Semua masalah itu sudah selesai, karena kepentingan bangsa yang diutamakan,” tegasnya.

Jokowi Membangun NTT
Ketua Barisan Relawan Jokowi Presiden (BaraJP) NTT John Ricardo mengatakan, para relawan pendukung Jokowi-Ma’ruf sudah mulai menyatukan kekuatan untuk bergerak mendukung pasangan calon Presiden-Wakil Presiden tersebut di antaranya, Poros Jokowi NTT, Segnas NTT, Jenggala Centre NTT, Rumah Jokowi NTT, Bara Baja NTT, serta Bara JP NTT. Selain itu, Relawan Jokowi Indonesia, Relawan Jokowi Centre, Teman Jokowi, Rumah Mudah untuk Jokowi, Ultras untuk Jokowi, dan Jokowi Friend, dan Pospera NTT.
John mengatakan, pihaknya optimistis pasangan Jokowi-Ma`ruf akan menang di NTT karena Jokowi sudah banyak membangun di provinsi kepulauan ini selama menjadi Presiden RI ke-7 dalam kurun waktu 2014-2019. “Dulu Jokowi datang dalam kapasitasnya sebagai Gubernur DKI itu bisa meraih 72 persen. Kali ini sudah begitu banyak yang dilakukan Jokowi untuk NTT maka target 95 persen itu tidak berlebihan juga,” katanya menegaskan.
Ia menambahkan, selain itu, pasangan Jokowi-Ma`ruf juga didukung banyak partai politik yang memiliki jaringan pendukung yang kuat hingga ke masyarakat akar rumput. Ketua relawan pendukung Jokowi dari Pojok Perjuangan Rakyat (Pospera) NTT, Yanto Lili, mengatakan pihaknya siap memenangkan pasangan Jokowi-Ma`ruf di NTT sesuai target para relawan mencapai 95 persen. “Sosok Presiden Jokowi sudah sangat akrab dan begitu dielu-elukan masyarakat NTT sehingga kami yakni target ini bisa tercapai karena semua relawan juga bergerak,” katanya.
Ia mengatakan, kelompok relawan akan menguji dukungan masyarakat setempat melalui aksi deklarasi akbar mendukung pasangan Jokowi-Ma`ruf yang akan digelar pada Kamis 23 Agustus 2018 di Kota Kupang. “Dalam deklarasi ini kami akan lakukan test case sejauh mana semangat dukungan masyarakat NTT terhadap pasangan Jokowi-Ma’ruf. Kami targetkan massa yang hadir mencapai 10.000 orang,” katanya. ♦ wjr

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.