Menakjubkan, Inilah Keunikan dan Sisi Mistis Danau Tiga Warna Flores, NTT

Menakjubkan, Inilah Keunikan dan Sisi Mistis Danau Tiga Warna Flores, NTT

PAKAH Anda pernah mendengar Danau tiga warna yang terletak di Flores? Danau ini menjadi salah satu dari deretan tempat wisata yang kerap direkomendasikan lho! Pulau Flores sendiri terdengar tidak asing bagi para traveler. Pasalnya, di pulau tersebut banyak sekali hal-hal menarik yang bisa ditemukan. Termasuk dalam hal pariwisata sampai kuliner sekalipun. Di Pulau Flores terdapat gunung yang sudah populer yaitu Gunung Kelimutu.
Gunung ini juga masuk ke dalam jajaran gunung berapi di tanah air. Apakah nama Kelimutu erat kaitannya dengan danau indah tiga warna? Rupanya nama tersebut memang ada kaitannya. Di Gunung Kelimutu terdapat danau Kelimutu yang memiliki tiga warna.

Letak Danau Kelimutu Tiga Warna
Bila merujuk pada Gunung Kelimutu maka danau ini berada di Nusa Tenggara Timur. Nama Gunung Kelimutu awalnya berasal dari dua kata yaitu keli dan mutu. Bila digabungkan kata tersebut memiliki arti mendidih. Nama ini juga menjadi tanda bahwa gunung Kelimutu menjadi gunung berapi yang aktif terus menerus. Ketinggian gunung tersebut yaitu sekitar 5377 kaki dari atas permukaan laut. Dari catatan geografisnya, Danau Tiga Warna berada ketinggian 50 sampai 150 meter. Disebut sebagai tiga warna karena danau tersebut memiliki kawah dan tiga warna yaitu biru, putih, dan merah.
Luasnya mencapai lebih dari satu juta meter persegi ditambah lagi volume air mencapai 1292 juta meter kubik. Konon, menurut cerita warna danau juga kerap berubah.

Keunikan Danau Kelimutu Tiga Warna
Sebagai danau yang populer tidak hanya bagi masyarakat lokal, Danau Tiga Warna Kelimutu memiliki daya tarik yang cukup tinggi. Keunikan ini berasal dari kepercayaan masyarakat sekitar danau. Lebih dari itu, keunikan ini bisa Anda lihat dari tiga warna yang konon menyimbulkan kekuatan yang berbeda. Seperti apa keunikan dari segi warna danau tersebut?
Warna biru : Bagi beberapa orang warna memiliki arti tersendiri. Bila sebagian orang menyebut warna biru sebagai simbol kedamaian atau simbol ketenangan, lain halnya dengan masyarakat yang ada di sekitar Danau Kelimutu. Warna biru yang memancar dari danau tersebut dianggap sebagai lokasi berkumpulnya arwah orang yang meninggal di usia muda.
Warna merah : Lantas bagaimana dengan warna merah pada Danau Tiga Warna tersebut? Warna merah yang terlihat pada danau sering disebut sebagai tiwu ata polo. Warna tersebut konon menjadi spot berkumpulnya arwah yang semasa hidupnya melakukan perbuatan yang tidak baik. Sementara warna putih atau dikenal dengan tiwu ata mbupu dipercaya oleh masyarakat sebagai tempat berkumpulnya arwah saat sudah tua.

Sisi Mistis Danau 3 Warna
Percaya atau tidak, dibalik keunikan Danau Kelimutu tersimpan sisi mistisnya. Namun, siapa sangka sisi misteri ini justru menjadi daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung ke danau indah Kelimutu.
Seperti yang dijelaskan di atas, warna yang menyertai keindahan danau memiliki makna tersendiri. Penasaran seperti apa sisi mistisnya? Berikut hal-hal yang menjadi daya tarik di Danau Tiga WarnaKelimutu.
1. Menjadi danau yang dikeramatkan bagi masyarakat sekitarnya
2. Kesuburan alam sekitar danau dipercaya karena arwah nenek moyang yang ada di danau
3. Sering diadakan upacara adat seperti persembahan untuk arwah yang ada di danau
4. Banyak tumbuhan langka seperti cemara, kayu merah, pinus sampai edelweis
5. Roh atau arwah konon juga diberikan makanan dalam upacara adat berupa daging, nasi, pinang, rokok, sirih, dan tuak.
6. Perubahan warna danau tidak menentu atau tidak dapat diprediksi
7. Meski memiliki warna namun penelitian membuktikan warna danau ternyata bening
8. Penemuan danau fenomenal karena ditemukan oleh orang Belanda
9. Konon danau terbentuk karena hasil pertarungan antara dukun dengan tokoh masyarakat setempat
10. Di beberapa spot danau konon disebut sebagai lokasi meninggalnya dukun berilmu hitam
Nah, melihat dari beragam keunikan sejarahnya sampai kisah mistisnya, tidak heran bila hal-hal tersebut menarik minat masyarakat untuk berkunjung ke danau.
Ada pula yang hanya sekedar berswafoto bersama keluarga lantaran pemandangannya dari atas danau yang memukau. Selain pemandangan ada banyak satwa di daerah Danau Tiga Warna seperti rusa, elang, ayam hutan dan babi hutan. Semoga bermanfaat. ♦ florestanahku.com

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.