Partai Garuda Rote Ndao, Optimis dapat 1 Fraksi penerapan Metode Sainte Lague

Partai Garuda Rote Ndao, Optimis dapat 1 Fraksi penerapan Metode Sainte Lague

PEMILIHAN Legislatif tahun 2019 dilaksanakan Rabu, 17 April 2019, sosialisasi para Caleg sesuai Jadwal KPU berlangsung 18 bulan, terhitung 1 Oktober 2018.
Ketua Dewan Pimpinan Cabang Partai Garuda Kabupaten Rote Ndao, Agustinus Pah, S.Pd dalam jumpa persnya di Sekretariat Partai Garuda, Kamis (20/9/2018) membeberkan, kuota calon legislatif sebanyak 25 caleg yang akan merebut suara rakyat di tiga daerah pemilihan.
Yakni Dapil 1 sebanyak 6 caleg, Dapil 2 sebanyak 10 caleg, dan Dapil 3 sebanyak 9 caleg. Meski demikian, setiap dapil ada caleg perempuan sesuai aturan KPU, karena caleg Garuda memiliki potensi, sehingga minimal dapat 1 kursi.
Agustinus pun beroptimisme bahwa dalam Pemilu 2019 Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda) bakal meraih suara terbanyak disetiap Dapil “kami optimis setiap dapil minimal memperoleh 1 kursi, sehingga partai Garuda mendapatkan 1 fraksi penuh, jadi minimal 1 orang mewakili setiap dapil,” kata Agustinus.
”Kita berjuang semaksimal mungkin untuk memenangkan hati rakyat dengan bekerja keras. Kita pun bertekad dengan sungguh untuk tidur bersama rakyat. Sebab, kita adalah anak muda, partai pun baru maka semuanya lebih fresh,” harap Agustinus.
Garuda sadar, sebagai partai baru, pemetaan adalah hal yang penting terhadap laju mesin partai. Untuk memenangkan persaingan politik pada pemilu mendatang, Garuda akan mengoptimalkan laju mesin partai anak bangsa yang potensial. “Jadi, Partai Garuda sadar. Kita telah petakan sosok-sosok potensial di masing-masing dapil. Kita petakan Dapil yang sudah berjalan,” kata Agus. Terkait dengan peluang Garuda, Agus optimis dapat menjadi kekuatan yang diperhitungkan dalam kontestasi politik pada Pemilu 2019 mendatang.
Ditanya terkait pemilu Legislatif (Pileg) 2019, berbeda dengan Pileg sebelumnya. Perbedaan tersebut terdapat pada cara penghitungan perolehan suara atau perolehan kursi di DPRD II/ DPRD I/ DPR RI.
Pileg 2019 menggunakan metode penghitungan suara Sainte Lague. Metode ini diperkenalkan oleh Andre Sainte Lague, ahli matematika asal Perancis, yaitu membagi kursi dengan cara membagi suara yang masuk menjadi 1,3,5,7 dst. Agus Optimis menang. ♦ ido

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.