Pater Paul Budi Kleden Orang Indonesia Pertama Asal NTT, Terpilih Jadi Superior General SVD

Pater Paul Budi Kleden Orang Indonesia Pertama Asal NTT, Terpilih Jadi Superior General SVD

PADA hari Rabu, 4 Juni 2018, Pater Paul Budi Kleden SVD terpilih menjadi Superior General SVD sejagat. Dia terpilih pada minggu terakhir Kapitel General SVD yang berlangsung Roma, Italia, sejak 17 Juni 2018. Informasi terpilihnya Pater Budi Kleden menjadi Superior General SVD sudah terseber di media sosial milik beberapa confrater SVD antara lain di Facebook Pater Felix Baghi SVD dan Pater John Bakok SVD. Juga facebookers yang mengenal atau pernah mendapat didikan Paul Budi Kleden. Banyak tanggapan dan ucapan selamat diberikan atas terpilihnya Pater Budi Kleden SVD sebagai Superior Genderal SVD ini. “Puji Tuhan…hari ini rabu 04 juli dlm sesi rapat pertama jm 10.00 – 11.00, P. Dr. Paulus Budi Kleden SVD terpilih sebagai superior general ke 12 serikat sabda allah (svd). Kita dukung dia dlm doa. Mksh,” tulis Pater Yosef Masan Toron SVD di akun Fb-nya. Pater Yosef adalah Provinsial SVD Ruteng Flores yang juga mengikuti Kapitel General SVD di Roma. “Proficiat untuk pater Superior General yg baru: Pater Paulus Budi Kleden svd. Doaku selalu untumu. Pater Yosef Masan Toron, salam ku untuknya dan juga utk mio semua utusan Indonesia,” tulis Pater Lazaro Niron, misionaris SVD asal Flores yang bertugas di Amerika Selatan (Latin). “Sangat membanggakan SVD di seluruh dunia krn Pater Budi Kleden SVD masih muda menjadi Pater Superior General SVD di dunia. Profisiat Pater Budi Kleden SVD, Profisiat SVD Indonesia. Ini sepertinya Seorang Biarawan pertama dari Indonesia yang menjadi Superior General suatu Kongregasi biarawan di dunia. Moga Pater Budi Kleden sehat dan diberi kekuatan Roh Kudus yang melimpah,” tulis Gabriel Wujon. “Proficiat tuk Pater Budi dan SVD Indonesia… Jg menjadi kebanggaan umat Keuskupan Larantuka, STFK Ledalero dan Seminari San Dominggo Hokeng,” Fransiskus Xaverius Hurint. “Hampir semua teman yang mendapat kabar sukacita ini mengirim pesan yang hampir sama ” Kami terharu karena guru kami dipilih menjadi superior general SVD sejagat. Pater Budi imam yang cerdas dan rendah hati. Dia layak menjadi pemimpin. Dan ini menjadi sejarah SVD karena baru kali ini superior terpilih asal Indonesia” Tugas ini berat tetapi mulia. Semoga Tuhan memberkati,” tulis Bill Halan di akun Fb-nya.
Jabatan ini sebelumnya dipegang oleh para pastor dari Eropa dan negara Asia lain. Terakhir oleh Pater Anton Pernia SVD dari Filipina. Jabatan “elite” dalam biara SVD ini untuk pertama kalinya dipercayakan kepada orang Indonesia. Ini akan menjadi catatan sejarah yang sangat penting bagi SVD Indonesia, dan tentu saja bagi Gereja Katolik Indonesia. Pater Budi Kleden lahir di Waibalun, Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 16 November 1965 dari pasangan Petrus Sina Kleden dan Dorotea Sea Halan. Perjalanan panggilannya dimulai dengan masuk Seminari Hokeng, kemudian melanjutkan persiapan sebagai calon imam Societas Verbi Divini (SVD). Ia bergabung di SVD dengan masuk Novisiat SVD Ledalero tahun 1985.
Karena cerdas ia dikirim ke Sint Gabriel, Jerman, untuk kuliah Filsafat dan Teologi sampai akhirnya ditahbiskan imam pada 15 Mei 1993. Sesudah ditahbiskan ia bekerja sebagai pastor pembantu Steinhausen, Swiss. Tahun 1996-2000 Pater Paul Budi melanjutkan studi doktor teologi sistematik di Universitas Albert Ludwiq Freiburg, Jerman. Ia kembali ke Ledalero dan mengajar teologi dan filsafat untuk para frater di Sekolah Tinggi Filsafat-Teologi Ledalero mulai tahun 2001. “Kami pernah diajarkan oleh Pater Budi Kleden ini dalam mata kuliah teologi dan filsafat. Ia cerdas dan kritis dalam mengajar,” kata Doktor Fios salah satu murid Pater Budi Kleden, sebagaimana diberitakan Amorpost.com. Selain cerdas, Pater Budi dikenal akrab dan baik dalam bergaul dan dekat dengan para frater. Ia ramah, baik hati, suka menolong, suka diskusi, dan mendengarkan keluhan para frater.
Salah satu teman kelas Pater Paul Budi Kleden saat di Novisiat yakni Silverius JM Lake mengaku bangga dan senang atas terpilihnya kawan kelasnya menjadi superior general. “Budi sangat baik dan kami sudah ramalkan dia akan jadi orang besar dalam SVD suatu saat nanti. Hari ini prediksi itu terbukti dalam nama Tuhan dan St Arnoldus Yansen, pendiri SVD”, kata kandidat doktor sejarah dari Universitas Indonesia ini. Pater Budi Kleden juga aktif menulis di banyak media di Indonesia seperti Kompas, Pos Kupang, Flores Pos, Rumah Kita, Dian dan di banyak jurnal nasional dan internasional.
Tahun 2005 – 2008 ia menjadi Wakil Provinsial SVD Ende dan beberapa tahun terakhir menjabat sebagai anggota Generalat SVD di Roma hingga terpilih menjadi Superior General SVD.
Dengan terpilihnya ini, Pater Budi Kleden akan memimpin 6005 anggota SVD di seluruh dunia, yang terdiri dari 4.185 imam, 528 Bruder kaul kekal, 84 Bruder kaul sementara, 854 frater, 344 frater novis. ♦ amorpost.com

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.