PDIP Kuasai Kursi Pimpinan AKD DPRD NTT

PDIP Kuasai Kursi Pimpinan AKD DPRD NTT

PIMPINAN DPRD Provinsi NTT bergerak cepat membentuk Alat Kelengkapan Dewan (AKD) DPRD NTT Periode 2019-2024, Selasa 8 Oktober 2019. Pimpinan lima komisi dan dua badan terbentuk untuk melengkapi struktur DPRD NTT.
Berdasarkan hasil pemilihan pimpinan AKD, Fraksi PDIP menjadi pimpinan di lima komisi, termasuk menjadi Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda). Untuk Komisi I, PDIP menempatkan kadernya Hironimus Banafanu sebagai sekretaris. Di Komisi II, kader PDIP Patrianus Lali Wolo menjadi wakil ketua. Sedangkan di Komisi III ada Victor Mado Watun sebagai wakil ketua dan Komisi IV Nelson Matara sebagai wakil ketua. Sedangkan Yunus Takandewa yang juga Sekretaris DPD PDIP NTT menjadi Ketua Komisi V.
Untuk Bapemperda, PDIP menempatkan kadernya Emanuel Kolfidus sebagai ketua. PDIP hanya tak kebagian jabatan di Badan Kehormatan. Untuk Badan Kehormatan diketuai John Elpi Parera dari Fraksi Partai Nasdem. Sementara itu, Ketua DPRD NTT Emelia J. Nomleni berharap dengan terbentuknya AKD maka bisa menjalankan kerja-kerja dan agenda-agenda DPRD NTT, di antaranya mempersiapkan pembahasan RAPBD 2020. “Selamat bagi yang terpilih, tapi tanggungjawab dan tugas menjadi lebih berat,” ujar Emi yang juga Ketua DPD PDIP NTT ini.
Ia mengatakan bagi pimpinan AKD yang terpilih ia berharap agar terus melakukan koordinasi dengan semua anggota komisi karena tugas AKD yang terbagi dalam lima komisi dan dua badan lebih berperan sebagai koordinator untuk berbagai persoalan dalam komisi masing-masing.
Terkait tatib yang berlaku di DPRD mengenai jabatan pimpinan komisi yang hanya 2,5 tahun, Emi mengatakan untuk sementara masih berproses. Ke depannya akan ditinjau, jika hal ini menjadi kebutuhan. “Memang untuk kepentingan azas pemerataan keadilan supaya semua anggota bisa menjalankan tugasnya bisa juga menjadi catatan untuk dua tahun ke depan bisa roling pimpinan AKD, karena hal ini merupakan kebutuhan bersama,” pungkas Emi.

Berikut Komposisi Pimpinan AKD DPRD NTT
KOMISI I
Ketua: Gabriel Beri Bina (Gerindra)
Wakil Ketua: Jonas Salean (Golkar)
Wakil Ketua: Ludovikus Taolin (PKB)
Sekretaris: Hironimus Banafanu ( PDIP)

KOMISI II
Ketua: Kasimirus Kolo (Nasdem)
Wakil Ketua: Patrianus Lali Wolo (PDIP)
Wakil Ketua: Thomas Tiba (Golkar)
Sekretaris: Maria Nuba Saku (Perindo)

KOMISI III
Ketua: Hugo Kalembu (Golkar)
Wakil Ketua: Victor Mado Watun (PDIP)
Wakil Ketua: Leonardus Lelo (F-Gabungan)
Sekretaris: Fredy Mui (Nasdem)

KOMISI IV
Ketua: Agus Lobo (PAN)
Wakil Ketua: Nelson Matara (PDIP)
Wakil Ketua: Refafi Gah (Hanura)
Sekretaris: Boni Jebarus (F-Gabungan)

KOMISI V
Ketua: Yunus Takandewa (PDIP)
Wakil Ketua: Moh. Ansor Orang (Golkar)
Wakil Ketua: Kristin Samiati Pati (Nasdem)
Sekretaris: Yohanes Rumat (PKB)

BAPEMPERDA
Ketua: Emanuel Kolfidus (PDIP)
Wakil Ketua: Cornelis Feoh ( Golkar)

BADAN KEHORMATAN
Ketua: Elpi Parera (Nasdem)
Wakil Ketua: Yohanes de Rosari (Golkar). ♦ rakyatntt.com

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.