Pegawai Puskesmas Kabupaten Kupang Studi ke TTU dan Solo

Pegawai Puskesmas Kabupaten Kupang Studi ke TTU dan Solo

SEJUMLAH pegawai Puskesmas dari Kabupaten Kupang, telah melakukan studi banding ke Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), dan Kabupaten Solo Jawa Tengah untuk mendapatkan akreditasi dasar.
Empat puskesmas yang telah mendapat akreditasi dasar yaitu Puskesmas Batakte di Kecamatan Kupang Barat, Puskesmas Takari di Kecamatan Takari, Puskesmas Baun di Kecamatan Amarasi Barat, dan Puskesmas Oesao di Kecamatan Kupang Timur. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kupang dr. Robert A.J Amaheka saat ditemui wartawan diruang kerjanya belum lama ini.
Menurut Kadis Robert Amaheka dari 26 puskesmas di wilayah Kabupaten Kupang, empat puskemas sudah mendapatkan akreditasi dasar. Dalam tahun anggaran 2018 telah mempersiapkan 11 puskesmas yang diusulkan untuk mendapat akreditasi dasar. Sisanya tengah mempersiapkan sarana maupun prasarana puskesmas termasuk tenaga medis, untuk mendapatkan akreditasi dasar dari badan akreditasi nasional puskesmas.
Prinsip dasar untuk akreditasi adalah petugas puskesmas harus membiasakan diri untuk melakukan hal yang benar dalam hal pelayanan kesehatan, bukan membenarkan hal yang biasa dilakukan dalam pelayanan kesehatan.
Dalam tahun ini menurut Kadis Robert petugas puskesmas yang akan mengikuti studi banding yaitu dari Puskesmas Tarus di kecamatan Kupang Tengah, dari Puskesmas Oekabiti di kecamatan Amarasi, dari Puskesmas Sulamu di Kecamatan Sulamu dari Kecamatan Sonraen, Kecamatan Soliu, Kecamatan Puskesmas Lelogama, Puskesmas Fatumonas, Puskesmas Oelbiteno, Puskesmas Takari, Puskesmas Oelnuntono.
Daerah tujuan yang hendak melakukan studi banding adalah puskesmas yang mirip atau sama bahkan lebih baik dari puskesmas kita untuk bisa dibandingkan dan meningkatkan pelayanan bagi pasien yang membutuhkan pertolongan medis, untuk menjadi lebih baik dari sekarang.
Sementara sebagian puskesmas yang belum diakreditasi terus melakukan pembenahan agar menjadi lebih baik dari sekarang, tukas Robert Amaheka. ♦ radarntt.com

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.