Pemda dan DPRD Ende Tandatangani Nota Kesepakatan KUA-PPS 2020

Pemda dan DPRD Ende Tandatangani Nota Kesepakatan KUA-PPS 2020

DEWAN Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Ende menggelar Rapat Paripurna ke-5 dengan agenda tunggal yakni Penandatanganan Nota Kesepakatan antara Pemerintah Kabupaten Ende dan DPRD Kabupaten Ende atas Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) APBD Kabupaten Ende Tahun Anggaran 2020, yang berlangsung Ruang Sidang DPRD, Selasa 5 November 2019.
Ketua DPRD Kabupaten Ende Fransiskus Taso, S.Sos, Saat menyampaikan pengantar awalnya mengatakan bahwa pembahasan atas rancangan KUA dan PPAS ini telah melalui beberapa tahapan yaitu Rapat Pembahasan Rancangan Kebijakan Umum Anggaran dilaksanakan pada tanggal 21 dan 22 Oktober 2019; Rapat Konsultasi Badan Anggaran bersama Komisi DPRD dilaksanakan pada tanggal 31 Oktober 2019 guna mengakomodir hasil dengar pendapat melalui rapat kerja masing-masing komisi bersama mitra kerjanya, serta Rapat Pembahasan Rancangan PPAS APBD Tahun Anggaran 2020 dilaksanakan pada tanggal 2 November 2019 dan dilanjutkan pada tanggal 4 November 2019 guna melakukan sinkronisasi dan penyempurnaan atas Rancangan KUA dan PPAS APBD Tahun Anggaran 2019. Dari hasil pembahasan itu, terdapat beberapa hal yang disepakati dan dituangkan ke dalam rumusan Kebijakan Umum Anggaran dan PPAS APBD Tahun Anggaran 2020.
Selanjutnya, dengan berdasarkan pada ketentuan pasal 16 ayat (6) PP Nomor 12 Tahun 2019, maka Rancangan KUA dan PPAS APBD Tahun Anggaran 2020 yang telah mendapat persetujuan bersama, ditandatangani oleh Bupati dan Pimpinan DPRD dalam rapat paripurna.
Setelah Dokumen KUA dan PPAS ditandatangani, Ketua DPRD Ende Fransiskus Taso menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Anggota Banggar dan TPAD. “Dari meja Pimpinan kami mengucapkan limpah terima kasih kepada segenap anggota Badan Anggaran dan juga Tim Anggaran Pemerintah Daerah yang telah bersama-sama melakukan pembahasan dan singkronisasi atas dokumen KUA dan PPAS APBD tahun 2020”, ujar Fransiskus.
Lebih Lanjut Ketua DPRD menyampaikan harapannya kepada TPAD untuk memperhatikan dan menindaklanjuti berbagai catatan kritis, saran dan masukan dari Badan Anggaran selama proses pembahasan berlangsung, antara lain berkaitan dengan kajian atas pinjaman daerah, kajian atas potensi pajak dan retribusi daerah, serta anggaran belanja hibah kepada PDAM Ende dan berkaitan dengan penyelenggaraan Pilkades serentak pada tahun 2019 ini.
Penandatanganan Nota Kesepakatan ini dihadiri dan disaksikan oleh Dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Ende, para Staf Ahli, Para Asisten, Para Pejabat Pratama serta Pejabat Eselon III dan IV lingkup Pemerintah Kabupaten Ende. ♦ diskominfo ende/dusrangga

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.