Pengisian 10 Jabatan Kepala OPD, Pemkot Tunggu Rekomendasi KASN

Pengisian 10 Jabatan Kepala OPD, Pemkot Tunggu Rekomendasi KASN

PROSES pengisian 10 jabatan pejabat tinggi pratama, atau jabatan Kepala.Dinas dan Badan yang lowong di lingkup Pemerintah Kota Kupang memasuki tahapan akhir. Saat ini, Pemerintah Kota Kupang hanya menanti rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) saja.
“Kami sudah mengirimkan hasil seleksi yang dilakukan oleh Panitia Seleksi (Pansel) dan Assesor beberapa waktu lalu ke KASN,” kata Wakil Wali Kota Hermanus Man kepada wartawan di Kupang, Selasa 5 November 2019.
Hermanus Man mengaku, yang dikirimkan ke KASN bukan hanya tiga nama saja, namun semua peserta seleksi yang mengikuti, ada 47 orang yang mengikuti seleksi, hasilnya semua dikirimkan.
“Jadi bukan hanya tiga nama yang dikirim, kita wajib kirim semua, dalam hasil seleksi yang dikirimkan itu juga sudah disertakan dengan perengkingan yang dibuat oleh assesor dan pansel juga dengan lampiran, nantinya KASN akan lihat kembali dan apakah sesuai atau tidak,” ujarnya.
Jadi, kata Hermanus Man, nantinya KASN akan mengirimkan rekomendasi sesuai dengan penilaian KASN sendiri, juga dikirimkan dengan legitimasi KASN, dan keputusan akhirnya ada di kepala daerah. “Jadi nanti KASN juga akan membuat perengkingan sesuai dengan lampiran dan semua hasil tes yang dikirimkan, selanjutnya mereka akan kirimkan kembali, lalu dari rekomendasi KASN itu, kepala daerah akan mengambil keputusan pejabat siapa saja yang akan dilantik,” ungkapnya.
Dia mengaku, Wali Kota Kupang sudah menginstruksikan kepada dirinya untuk melakukan pelantikan 10 pejabat eselon II sesuai dengan petunjuk, paling lambat hari minggu sudah harus dilantik.
“Jadi saya yang akan melantik 10 pejabat baru ini, ditargetkan hari minggu ini paling lama, karena sudah mau memasuki masa sidang anggaran murni 2020, maka sangat penting untuk 10 jabatan yang kosong ini diisi oleh pejabat baru,” terangnya.
Selain itu, Wali Kota juga sudah memerintahkan untuk menyiapkan segera konsep SK pelantikan, dan hanya menunggu nama-nama untuk dilampirkan. Selain pejabat tinggi pratama yang akan dilantik, Hermanus Man mengaku juga akan melantik sekaligus dengan beberapa kepala bagian yang baru.
“Karena ada beberapa perubahan nomenklatur, maka akan dilantik juga beberapa kepala bagian yang baru, misalnya Kepala Bagian Protokol dan Humas, Kepala Bagian Perencanaan dan Keuangan, dan beberapa lainnya. Intinya awalnya di setda Kota Kupang ada 11 bagian, akan menjadi 12 bagian,” ungkapnya.
Pasalnya, ada bagian yan dipisahkan, ada yang digabungkan, sehingga perlu adanya penataan. Selain itu, mengingat masa persidangan anggaran murni yang hanya tinggal beberapa saat lagi, maka semuanya harua dipersiapkan secara baik, terutama kesiapan birokrasi, karena berkaitan dengan pelaksanaan kerja dan program serta anggaran yang diusulkan. ♦ nttonlinenow.com

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.