Penuhi Pasokan Air di Musim Kemarau, Ini Langkah PDAM Ende

Penuhi Pasokan Air di Musim Kemarau, Ini Langkah PDAM Ende

PERUSAHAN Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kelimutu Ende diminta terus berbenah untuk memberikan pelayanan maksimal kepada warga atau pelanggan di kota Ende.
Pasalnya beberapa waktu lalu di beberapa wilayah dalam kota Ende mengalami kekurangan air karena di jalur itu air PDAM tidak mengalir. Warga meminta agar PDAM mengantisipasi masalah seperti ini apalagi di musim kemarau.
Salah seorang pelanggan PDAM Ende, Carolus K. Miki kepada media Sabtu 27 Juli 2019 mengatakan bahwa di musim atau bulan seperti ini biasanya warga selalu mengeluhkan pasokan air dari PDAM.
Beberapa wilayah dalam kota khususnya di daerah dataran tinggi air PDAM tidak mengalir berhari- hari maka PDAM Ende diminta mengantisipasi masalah yang telah menjadi momok bagi warga kota.
” Apalagi sekarang musim kemarau dan debit air di beberapa sumber mata air turun. Kita harapkan PDAM punya cara untuk mengantisipasi ini melalui beberapa sumber air yang ada,” katanya.
Carolus juga mengatakan bahwa PDAM mesti terus membenahi pelayanan dengan memperbaiki jaringan pipa yang rusak dan perbaikan peralatan di sumber mata air.
Carolus menambahkan bahwa PDAM juga diminta turun ke lapangan melakukan inspeksi untuk menertibkan pelanggan yang nakal dan mencuri air dengan merusakan jaringan.
(Plt) Dirut PDAM Ende, Khosmas Nyo yang ditemui beberapa waktu yang lalu mengatakan bahwa terkait dengan antisipasi yang dilakukan pihak PDAM, akan mengoperasikan Water Treatment Plan (WTP) Honggaria atau sumber air baru di KM 8 Kelurahan Rewarangga.
Khosmas Nyo mengatakan bahwa pengoperasian WTP ini untuk mengantisipasi kekurangan air karena saat ini salah satu peralatan di PDAM rusak.
” Kita akan suplay air ke pelanggan dibantu dengan sumber air Honggaria. Saat ini ada salah satu alat di sumber air yang berada di PDAM rusak, maka kita masih memesannya di luar. Suku cadang alat itu tidak ada di Ende,” kata Khosmas Nyo.
Khosmas menambahkan bahwa air yang diambil dari sumber mata air itu tidak langsung dialirkan ke pelanggan tetapi diolah dulu dengan teknologi listrik. Oleh karena itu jika salah satu alatnya rusak maka PDAM tidak dapat menyalurkan air ke pelanggan. ” Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan pelanggan dalam beberapa hari ini. Kondisi ini terjadi karena ada peralatan yang rusak dan sedang didatangkan,” katanya. ♦ florespedia.com

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.