Pilgub NTT 2018 Tanpa Calon Perseorangan

Pilgub NTT 2018 Tanpa Calon Perseorangan

KETUA KPU NTT, Maryanti Luturmas Adoe (tengah) didampingi Yosafat Koli (kiri) dan Theresia Siti (kanan) memberi penjelasan kepada wartawan usai KPU NTT menutup jadwal penyerahan syarat dukungan calon
Sampai penutupan penyerahan syarat dukungan, Minggu 26 November 2017 pukul 24.00 Wita, tidak ada pasangan bakal calon gubernur-wakil gubernur yang menyerahkan syarat dukungan. Syarat dukungan pasangan AKBP Dr. Christofel Bagaisar-Blasius Bobsen Nahak yang sudah diserahkan sehari sebelumnya juga tidak lengkap. Dengan demikian dapat dipastikan Pilgub NTT 2018 tanpa pasangan calon yang maju dari jalur calon perseorangan.
Komisi Pemilihann Umum (KPU) NTT telah menutup dengan resmi jadwal penyerahan syarat dukungan, Minggu (26/11/2017) pukul 24.00 Wita. Seluruh komisioner KPU NTT bersama staf Sekretariat siap di kantor menunggu bakal calon yang ingin maju dari jalur perseorangan. Hingga tenggat waktu tak ada bakal calon yang datang menyerahkan syarat dukungannya. Pasangan AKBP Dr. Christofel Bagaisar-Blasius Bobsen Nahak yang diminta melengkapi syarat dukungan juga tidak muncul lagi.
Dalam konferensi pers yang digelar KPU NTT, Senin (27/11/2017) dini hari sesaat setelah penutupan jadwal penyerahan syarat dukungan itu, Ketua KPU NTT, Maryanti Luturmas Adoe, mengatakan, semua tahapan penyerahan syarat dukungan perseorangan telah dilalui. Sampai dengan penutupan, kata Maryanti, tidak ada pasangan calon yang menyerahkan persyaratan dukungan.
Meskipun ada satu pasangan calon yang menyerahkan persyaratan dukungan sebelumnya, kata Maryanti, pasangan ini tidak memenuhi persyaratan. Merujuk pada keputusan Nomor 63/kpts/KPU-Prov-018/tahun 2017 tentang penetapan jumlah dukungan dan sebaran dukungan, disyaratkan pasangan calon perseorangan yang maju dalam Pilgub NTT harus mengantongi 272.300 dukungan dan harus tersebar di 12 kabupaten/kota di NTT.
“Hingga penutupan tahapan penyerahan persyaratan dukungan perseorangan hari ini tanggal 26 November 2017 pukul 24.00 Wita dengan resmi kami menyatakan tidak ada pasangan calon yang menyerahkan persyaratan dukungan perseorangan,” tegas Maryanti.
Untuk pasangan calon AKBP Dr. Christofel Bagaisar-Blasius Bobsen Nahak yang sudah menyerahkan persyaratan dukungannya, kata Maryanti, tidak memenuhi syarat. “Pasangan calon Christofel-Bob yang menyerahkan persyaratan dukungannya tanggal 25 November kami nyatakan dengan resmi bahwa pasangan tersebut tidak memenuhi persyaratanm” tegas Maryanti. ♦ tim media kpu ntt

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.