Di Puncak Gunung Meja, “Ende Kota Pancasila”

Di Puncak Gunung Meja, "Ende Kota Pancasila"

♦ Bupati Djafar Achmad Terus Kobarkan Membangun Ende dari Desa dan Kelurahan

 

BUPATI Ende Djafar Achmad menegaskan,” Saya tidak menciptakan program baru, tetapi terus kobarkan program yang sudah disusun dan dirancang bersama Almarhum Marcel Petu yaitu membangun dari desa dan kelurahan. Ini yang saya lanjut bersama seluruh jajaran saya sesuai yang sudah disusun dalam RPJM sampai 2024. Saya tidak mungkin keluar dari program ini.” Tekad ini dijelaskan Bupati Djafar Achmad dalam perbincangan dengan EXPONTT di ruang kerjanya Senin 30 September 2019.
Djafar menjelaskan, “Semua bidang termasuk kesejahteraan rakyat Ende secara utuh saya perhatikan dan fokus. Bidang pariwisata menjadi prioritas sebagaimana tag line yang sudah dipublikasi secara meluar. Ende sudah diketahui secara nasional sebagai Kota Pancasila. Karena itu, menjadi prioritas gagasan kami yaitu di atas Gunung Meja akan dibangun monument Sukarno. Di puncak gunung ini, akan ditulis dengan jelas “Ende Kota Pancasila”. Juga monument Sukarno Presiden Pertama RI apakah dalam bentuk monument, patung atau gambar. Tetapi yang jelas bahwa dari atas udara ketika penumpng melihat kebawah akan terbaca tulisan, Ende Kota Pancasila dan gambar Sukarno. Program ini, sedang dirancang bersama instansi terkait.”
Dijelaskan, Gunung Meja akan dijadikan pusat rekreasi baik wisatawan manca Negara maupun lokal.” Kita akan bangun jalan setapak sehingga mereka yang hendak menuju puncak gunung harus jalan kaki sambil menikmati indahnya pemandangan Kota Ende dan Gunung Wongge dan sekitarnya. Ini dijadikan dalam satu kesatuan wisata trekking. Soal perpanjangan Badara Aroebusman sudah disepakati bersama Pemerintah Pusat. Masyarakat yang terkena dampak proyek perpanjangan Bandara, tidak diberi kemudahan seperti perijinan maupun ijin-ijin lain. Ini harus kita sukseskan bersama dan bersama masyarakat sudah kita negosiasi. Kita ketahui bersama bahwa Bandara Ende dengan penumpang jumlah terbanyak setelah Labuan Bajo menjadi prioritas dalam program perpanjangnya.”
Program ikutanya tegas Bupati Djafar Achmad yaitu infrastruktur diantaranya pendidikan, kesehatan, jalan sampai ke pelosok desa dan perkampungan, air bersih dan semua sarana dan fasilitas yang menjadi kebutuhan masyarakat Kota Ende menjadi perhatian utama. Banyak beban dipundak Djafar Achmad tetapi ditegaskannya, “Semua dijalankan sesuai rencana dan ketersediaan dana dari APBD Ende, DAK maupun DAU.” ♦ wjr

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.