Rektor Undana: Mahasiswa baru wajib periksa narkoba hanya Rp 220.000

Rektor Undana: Mahasiswa baru wajib periksa narkoba hanya Rp 220.000

♦ Ortu Cama Undana Keluhkan Mahalnya Biaya Kesehatan Rp 510.000

ORANG tua calon mahasiswa (Cama) Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) mengeluhkan mahalnya biaya pemeriksaan kesehatan di UPT Klinik Pratama Undana yang mencapai Rp 510 ribu per mahasiswa.
“Kami heran, universitas negeri, koq biaya kesehatan mencekik para orang tua calon mahasiswa,” kata Agustina, salah seorang Cama Undana, Selasa, 7 Agustus 2018.
Dia mengatakan jika dikalikan dengan jumlah siswa yang mencapai 8 ribuan orang, maka keuntungan bagi Undana sangat besar. “Wow, Undana bisa kaya,” ujarnya.
Ketua Komisi V DPRD NTT, Jimi Sianto juga mengecam pungutan biaya kesehatan yang cukup besar itu. “Undana jangan buka kios dalam toko guna cari keuntungan,” tegasnya.
Rektor Undana Prof. Fred Benu menegaskan,” Pemeriksaan narkoba wajib hukumnya bagi mahasiswa baru. Masalah narkoba sudah bahaya laten bagi generasi muda Indonesia saat ini. Jadi mahasiswa baru wajib tes narkoba. Biayanya hanya Rp 220.000 per mahasiswa. Itupun bisa dicicil beberapa kali,sesuai kemampuan orangtua,” tegas Rektor Prof Benu kepada EXPONTT Senin 7 Agustus 2018 menanggapi keluhan orang orang tua mahasiswa baru soal biaya pemeriksaan mahalnya biaya pemeriksaan kesehatan yang mencapai Rp 510.00 perorang.
Berdasarkan surat edaran dari Kepala UPT Klinik Undana, Su Djie To Rante Biomed yang dikeluarkan pada 3 Agustus 2018, dengan Nomor UNIS 32/T/2018, Perihal Pemberitahuan jadwal pemeriksaan mahasiswa baru dan jadwal sosialisasi mekanisme pemeriksaan kesehatan mahasiswa baru TA 2018/2019.
Dalam surat tersebut disampaikan bahwa akan dilaksanakan kegiatan pemeriksaan mahasiswa baru TA 2018/2019 pada Klinik Pratama Undana Per 8 Agustus-24 Agustus 2018.
Untuk itu akan dilakukan sosialisasi tentang mekanisme pemeriksaan Mahasiswa baru pada tiap- tiap fakultas. Selain itu juga menginformasikan tentang pembayaran pemeriksaan.
Diharapkan kepada mahasiswa baru sebelum pemeriksaan segera dibayar dan membawa bukti pembayaran pada saat pemeriksaan.
Bagi fakultas FK, FKH dan FKIP (Penjaskes) hanys melakukan pemeriksaan narkoba dengan biaya Rp 220.000, sedangkan untuk Fakultas Hukum FISIP, FAPET, FAPERTA, FKIP, FKP, FKM FEB, FST, melakukan pemenikaan lengkap dengan biaya Rp 510.000.
Prof Fred Benu berjanji akan koordinasikan dengan para wakil rector dan para dekan soal keluhan masyarakat khususnya orang tua mahasiswa baru.
Masyarakt juga keluhkan di media soaial.Arshy Laga bersama Sukario Banta dan 5 lainnya.
Lagi-lagi Undana.
8000 mahasiswa baru wajib lakukan tes kesehatan di kampus dengan biaya Rp. 510.000 per 1 mahasiswa/i.
1. Rp. 510.000 untuk cek kesehatan. Itu cek apa2 saja?
2. Kenapa mahasiswa harus cek kesehatan di kampus? Di RS kan lebih henat biaya. Atau Pihak Undana TIDAK percya RS?
3. Siapa yang periksa kesehatan di kampus? Dokter ahli? Tenaga medis biasa? Atau mahasiswa praktek? Kalau biaya besar begini, saran saya, datangkan dokter luar negeri yang profesional sehingga impas dengan biaya mahal.
4. Kondisi ekonomi masyarakat NTT. Coba bayabgkan, baru masuk saja tes kesehatan sudah mahal. Ini baru biaya cek kesehata. Ingat itu. Selama ini masyarakt NTT tergiur agar anaknya masuk Undana karena biaya yang murah. KENYATAANNYA???
5. Seingat saya waktu masuk Undana, cek kesehatan hanya Rp 20.000, karena tidak terhitung obat dan itu saya cek lengkap di RS, lalu diberi surat kterangan sehat. Bandingkan!
6. Kira-kira efek apa bagi mahasiswa baru tahun ini yang tes kesehatan di kampus dengan biaya mahal? Apa nantinya mereka medapatkan obat gratis setelah ketahui kondisi kesehatan? Atau mungkin mereka akan sehat selamanya? Atau sama seperti saya yang cek kesehatan di RS, lalu diberi surat kesehatan?
KEMBALIKAN STATUS UNDANA KE KAMPUS NEGERI. BUBARKAN BLU (BADAN LAYANAN UMU). BLU adalah kebijakan yang hanya disepakati pimpinan universitas tanpa meminta saran dari pegawai, dosen dan mahasiswa Tolak BLU. ♦ wjr/nttterkini.com

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.