Rote Ndao Punya Pengurus KONI Baru

Rote Ndao Punya Pengurus KONI Baru

PENGURUS Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Rote Ndao masa bakti 2019-2023, dilantik oleh Ketua Umum KONI Provinsi NTT Andre W Koreh, di auditorium Ti’i Langga, kompleks kantor Bupati Rote Ndao, Rabu (21/8). Hadir dalam pelantikan tersebut Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu, Ketua Bidang Organisasi KONI NTT Victor Mado Watun, jajaran Forkopimda, sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Rote Ndao, pengurus cabang olahraga yang menjadi konstituen KONI, serta undangan lainnya.
Sebelum acara pelantikan dan pengucapan janji pengurus, terlebih dahulu dibacakan Surat Keputusan (SK) Ketua Umum KONI Provinsi NTT Nomor: 14/SK/KONI NTT/VI/2019, tertanggal 24 Juni 2019 tentang Pengukuhan Pengurus KONI Rote Ndao Masa Bakti 2019-2023.
Ketua KONI NTT Andre W Koreh dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada para pengurus yang baru dilantik, namun ia juga mengingatkan bahwa menjadi pengurus olahraga tidaklah mudah karena dibutuhkan banyak pengorbanan waktu, tenaga, serta biaya. Sehingga diperlukan komitmen bersama para pengurus untuk membangun, mengembangkan, dan meningkatkan prestasi olahraga. “Kepada pengurus yang baru dilantik diharapkan dapat bekerja sama dengan Pemkab, agar dapat melakukan pembinaan pada atlet dan cabang olahraga karena Kabupaten Rote Ndao juga merupakan salah satu daerah penghasil atlet-atlet terbaik NTT,” katanya.
Menurutnya, saat ini sementara dipersiapkan atlet-atlet dari 14 cabang olah raga untuk menghadapi Pra PON, di mana target yang ditetapkan KONI NTT adalah meloloskan sebanyak-banyaknya atlet di berbagai cabang olahraga andalan NTT ke PON Papua nantinya.
Dikatakan Andre, posisi terbaik NTT di ajang PON adalah urutan 18 dari 34 provinsi dengan perolehan 7 medali emas, 7 Perak, dan 9 perunggu. Namun, pada PON Papua nanti, kata dia, targetnya bukan pada urutan tetapi pada perolehan medali emas dari 7 menjadi 10. “Pada PON lalu 7 medali emas itu semuanya dari cabang Kempo, sehingga diharapkan pada PON Papua nanti target 10 medali emas bisa diraih dengan asumsi 7 medali emas dari Kempo tetap, ditambah dari cabang Tinju, Pencak Silat, Atletik, dan 10 cabang lainnya juga,” kata dia.
Sementara itu, Ketua Harian KONI Kabupaten Rote Ndao yang baru dilantik Stef M Saek dalam sambutannya mengatakan, tugas yang baru saja diembannya itu merupakan tanggung jawab yang berat. Namun, dengan komposisi sebagian orang lama yang ada di KONI Rote Ndao masa bakti 2019-2023 ini, pihaknya optimistis dapat melaksanakan tugas pembinaan dan peningkatan prastasi cabang olahraga di Rote Ndao dengan baik.
Wakil Bupati Rote Ndao ini juga meminta dukungan penuh dari jajaran Pemkab Rote Ndao serta pengurus cabang olahraga yang ada di Rote Ndao agar ikut berperan aktif dan serius mengurus olahraga di Bumi Ita Esa, agar bisa mengukir prestasi di tingkat regional NTT dan Nasional.
“Ujian kita yang pertama adalah mempersiapkan diri sebagai tuan rumah El Tari Memorial Cup (ETMC) pada 2023. Kami meminta dukungan Pemkab dan DPRD Rote Ndao, juga Forkopimda, serta semua pembina dan masyarakat olahraga Rote Ndao untuk bahu-membahu mempersiapkan diri menghadapai hajatan ETMC ini,” pungkasnya. Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu dalam sambutannya meminta pengurus KONI Rote Ndao masa bakti 2019-2023 dapat berkolaborasi dengan semua pihak guan meningkatkan prestasi pada masing-masing cabang olahraga yang ada di Rote Ndao. “Butuh gerak bersama untuk pengembangan dan peningkatan prestasi olahraga. Prestasi olah raga yang telah diraih oleh atlet-atlet Rote Ndao selama ini harus dapat dipertahankan, bahkan ditingkatkan. Sementara yang belum berprestasi, diharapkan dengan pengurus yang baru ini lebih ditingkatkan dalam pembinaan prestasinya,” harap Bupati Paulina.
Bupati juga berjanji akan meningkatkan dana pembinaan KONI yang saat ini Rp 750 juta menjadi Rp 1 miliar pada tahun 2020 dan kedepan akan dipertimbangkan penambahan alokasinya untuk mempersiapkan diri sebagai tuan rumah ETMC 2023 mendatang.
Pengurus KONI Kabupaten Rote Ndao yang dilantik di antaranya Ketua Umum Leonard Haning, Ketua Harian Stef M Saek, Sekretaris Sonny Said, Bendahara Oscar Bessie. Selain itu ada nama-nama Josep Pandi, Elisa Suki, Dany Nalle, Jems Therik, Arkilaus Lenggu, Pius Mali, Arison Tomasui, Sonny Ota, dan Mulat Daruranto.
Untuk diketahui selain mengujuhkan pengurus KONI Rote Ndao untuk masa bakti 2019-2023, Ketua KONI NTT Andre Koreh yang juga Ketua Provinsi Pergatsi juga mengukuhkan Pengurus Kabupaten Rote Ndao yang diketuai Dominggus Modok dan Wakil Ketua Josep Pandi. ♦ ido

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.