Rote Ndao siap jadi tuan rumah ETMC 2023

Rote Ndao siap jadi tuan rumah ETMC 2023

PASCA diumumkan menjadi tuan rumah El Tari Memorial Cup (ETMC) 2023 oleh Ketua Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Nusa Tenggara Timur NTT Frans Lebu Raya saat pelaksanaan ETMC 2019 di Kabupaten Malaka Agustus lalu, Kabupaten Rote Ndao mulai mempersiapkan diri.
Hal tersebut disampaikan Ketua Asosiasi Kabupaten (Askab) PSSI Kabupaten Rote Ndao yang juga Kepala Dinas Pendidikan Josep Pandi kepada EXPO NTT di ruang kerjanya, Rabu 25 september 2019.
Dikatakan Pandi, merespons positif penetapan Rote Ndao sebagai tuan rumah ETMC tahun 2023 yang disampaikan Asprov PSSI NTT tersebut Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu telah berkomitmen untuk mengalokasikan dana sebesar Rp 16 miliar untuk mempersiapkan infrastruktur pendukung kegiatan tersebut, serta melalui OPD Dinas Pemukiman juga dialokasikan dana Rp 5 miliar untuk pengadaan lahan untuk dibangun satu lapangan sepakbola baru di sekitar Kota Ba’a, Kecamatan Lobalain.
“Komitmen yang sudah disampaikan Ibu Bupati adalah mengalokasikan dana Rp 16 miliar untuk menyiapkan infrastuktur pendukung, serta alokasi Rp 5 miliar di Dinas Permukiman untuk pengadaan lahan untuk pembangunan lapangan sepakbola baru,” katanya. Ia mengatakan, kesiapan infrastruktur yang akan dilakukan Pemerintah Kabupaten Rote Ndao, yakni mulai pada tahun 2020 hingga 2022 akan membenahi Lapangan Sepakbola Ba’a menjadi lapangan utama pelaksanaan ETMC 2023, yang dapat dipergunakan bagi pertandingan malam hari. Di samping itu juga akan dibangun satu lapangan lainnya untuk pertandingan siang hari.
“Minimal kita siapkan dua lapangan yang lokasinya berdekatan di Kota Ba’a dan sekitarnya. Persiapan infrastruktur ini dilakukan selama tiga tahun mulai 2020-2022, sehingga tahun 2023 langsung digunakan,” kata Pandi.
Pandi menambahkan, selain persiapan infrastruktur Askab PSSI Rote Ndao juga mempersiapkan atlet melalui sejumlah event rutin, yakni Liga 1 melalui Piala Bupati, Liga Desa yang diinisiasi Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), dan sebentar lagi digelar Liga 2.
“Selain persiapan infrastruktur, kami juga menyiapkan bibit-bibit pesepakbola Rote Ndao melalui sejumlah event seperti Liga 1, Liga Desa, Liga 2, serta event yang digelar sejumlah ormas. Kami berharap dengan persiapan-persiapan ini Rote Ndao sukses menjadi tuan rumah dan juga sukses dalam prestasi ETMC,” pungkasnya. ♦ ido

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.