Rp12,8 miliar untuk bangun taman Kota Kupang

Rp12,8 miliar untuk bangun taman Kota Kupang

PEMERINTAH Kota Kupang mengalokasikan dana sekitar Rp12,8 miliar untuk membangun enam taman kota dan ruang terbuka hijau di ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur dalam tahun ini.
Wali Kota Kupang Jefrison Riwu Kore kepada wartawan di Kupang, Senin 30 September 2019, mengatakan pemerintah kota menyiapkan dana itu antara lain untuk membangun dan menata kembali taman kota yang kurang terurus.
Pemerintah Kota menyediakan anggaran Rp2,5 miliar untuk membangun taman Sonbai dan menyiapkan dana Rp4,9 miliar lebih untuk pembangunan dan penataan taman Ina Bo’i (mama sayang).
Selain itu pemerintah mengalokasikan dana lebih dari Rp2,2 miliar untuk membangun Taman Tagepe di kawasan Jalan Samratulangi di Kecamatan Kelapa Lima serta menyiapkan dana Rp1,9 miliar lebih untuk pembangunan alun-alun di kawasan Jalan Timor Raya.
Untuk membangun taman Tugu Adipura dan Patung Kasih, Pemerintah Kota Kupang menganggarkan dana sekitar Rp1,2 miliar. “Pembangunan enam taman kota ini dilakukan untuk memperindah pemandangan Kota Kupang,” kata Jefri.
Wali Kota Kupang Jefrison menjelaskan, dana untuk pembangunan enam taman kota seluruhnya bersumber dari APBD Kota Kupang. “Dana pembangunan taman kota itu merupakan hasil efisiensi anggaran yang dilakukan pemerintah melalui pemangkasan anggaran perjalanan dinas aparatur sipil negara,” katanya.
Ia menambahkan, pada Desember 2019 pemandangan Kota Kupang akan jauh lebih indah dengan taman-taman kota yang sudah tertata dengan baik serta 1.000 lampu penerangan jalan yang sudah dan sedang dipasang di jalan-jalan umum kota ini.

Kami fokus tata taman kota
Wali Kota Kupang Jefrison Riwu Kore mengatakan, pemerintah kota mulai fokus melakukan penataan terhadap berbagai taman kota agar menjadi lebih indah dan difungsikan sebagai lokasi berwisata warga di ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur ini.
“Kami mulai fokus untuk membangun beberapa taman kota agar Kota Kupang menjadi lebih indah seperti diharapkan warga daerah ini,” kata Wali Kota Kupang, Jefrison Riwu Kore di Kupang, Jumat 21 Juni 2019.
Wali Kota Jefrison mengatakan hal itu ketika ditanya terkait upaya pemerintah daerah ini dalam melakukan penataan kawasan perkotaan yang minim dengan fasilitas taman kota ini
Jefrison mengatakan pemerintah telah mengalokasikan dana sebesar Rp14 miliar dari APBD II Kota Kupang tahun 2019 untuk membangun beberapa taman kota seperti Taman Kalpataru, Patung Sonbai, Ina Bo’i dan kawasan Taman Tirosa.
Mantan anggota DPR-RI dari Partai Demokrat ini mengatakan pemerintah terus melakukan pembangunan dan penataan taman-taman kota di sejumlah ruang Kota Kupang sebagai upaya untuk memperindah dan mempercantik ibu kota Provinsi NTT ini.
“Proses pembangunan beberapa taman kota itu dilakukan tahun 2019. Apabila sudah selesai dibangun maka Kota Kupang akan menjadi lebih indah. Suasana Kota Kupang sebagai ibu kota Provinsi NTT akan terlihat indah,” ujarnya.
Ia mengatakan, kendati kawasan Taman Patung Tirosa masih dalam proses pembangunan, saat ini sudah semakin banyak warga Kota Kupang datang berekreasi bersama keluarga di kawasan itu pada malam hari.

Rp15 miliar

Wali Kota Kupang Jefrison Riwu Kore ketika melihat kondisi taman Patung Sonbai di jantung Kota Kupang yang terkesan tidak terawat.(ANTARA FOTO/Benny Jahang)

Seperti pernah diwartakan, DPRD Kota Kupang telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp15 miliar dalam tahun ini untuk mendukung program pembangunan taman kota di ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur.
“Kami telah mengalokasikan anggaran Rp15 miliar sebagai dukungan terhadap program pemerintah dalam membangun taman kota dan penataan kawasan perkotaan,” kata anggota Komisi I DPRD Kota Kupang Adi Tali kepada Antara di Kupang, Kamis 30 Agustus 2019.
Menurut Ketua Fraksi PDIP DPRD Kota Kupang itu, alokasi anggaran Rp15 miliar itu merupakan dukungan dewan terhadap program pemerintah yang mendambakan penataan Kota Kupang dengan konsep smart city melalui visi dan misi kepada daerah dan wakil kepala daerah terpilih.
Adi menjelaskan dana sebesar Rp15 miliar yang dialokasikan dari APBD II Kota Kupang itu diperuntukkan bagi penataan taman kota Tirosa, taman alun-alun kota dan penataan kawasan Pantai Pasir Panjang serta pembangunan jaringan internet gratis bagi masyarakat Kota Kupang.
“Sudah kami alokasikan semua anggarannya untuk mewujudkan pelaksanaan visi dan misi kepala daerah Kota Kupang yang sudah satu tahun pimpin daerah ini,” ujarnya.
Ia mengatakan, apabila masyarakat menilai selama satu tahun kepemimpinan wali kota dan wakil wali Kota Kupang belum melakukan gebarakan ekstrem dalam membangun kota ini, karena kegiatan pembangunan penataan kota masih dalam persiapan pelaksanaan tender. ♦ kupang.antaranews.com

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.