Taman Eden Kabupaten Kupang tingkatkan ekonomi Masyarakat Desa

Taman Eden Kabupaten Kupang tingkatkan ekonomi Masyarakat Desa

BUPATI Kupang Ayub Titu Eki mengklaim bahwa program Taman Eden yang dicanangkan dua tahun lalu, sudah membawa perubahan dalam meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat di wilayah pedesaan Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur. “Geliat pertumbuhan ekonomi masyarakat desa sudah mulai nampak sejak 2016, setelah mereka menjadikan Taman Eden sebagai program unggulan dalam menata pembangunan ekonomi di desanya masing-masing,” kata Bupati Ayub kepada wartawan di pusat pemerintahan Kabupaten Kupang di Oelamasi, Kamis.
Program Taman Eden yang dicanangkan Bupati Ayub ini, merupakan program unggulan Pemerintah Kabupaten Kupang dalam upaya mendongkrat pertumbuhan dan peningkatan ekonomi warga desa menuju sejahtera.  Program pembangunan yang dicetuskan ini merupakan upaya nyata dari Pemerintahan Kabupaten Kupang dalam meningkatkan ekonomi masyarakat dengan mewajibkan semua warga menanam tanaman produktif di pekarangan rumah serta pengembangan usaha di sektor perikanan dan peternakan.
Menurut Bupati Ayub, program Taman Eden ini dilaksanakan melalui mekanisme musyawarah mufakat mulai dari tingkat RT, dusun dan desa, baik secara perorangan maupun kelompok dalam wilayah pedesaan masing-masing. Selama dua tahun pelaksanaan program Taman Eden, kata Ayub, telah menunjukan hasil yang signifikan dan cukup berpengaruh terhadap keadaan ekonomi kelompok maupun individu masyarakat di pedesaan Kabupaten Kupang. Namun, Bupati Ayub tidak menjelaskan secara rinci perubahan ekonomi masyarakat desa setelah menjalankan program Taman Eden yang merupakan program prioritas dari pemerintahannya dalam mendongkrak pembangunan ekonomi rakyat di wilayah Kabupaten Kupang.
Ia menegaskan, usaha ekonomi yang dilakukan warga masyarakat sangat variatif, seperti usaha peternakan ayam, babi, sapi dan kambing, perikanan air tawar, dan pertanian. Menurut dia, usaha peternakan yang dilakukan warga terus berkembang sehingga perlahan-lahan ikut meningkatkan populasi ternak di salah satu kabupaten penghasil ternak terbesar di wilayah provinsi berbasis kepulauan ini.
“Kami akan terus melakukan pendampingan kepada masyarakat, terutama di lokasi-lokasi yang menjadi sasaran pelaksanaan program Taman Eden yang tersebar di 24 kecamatan dalam wilayah Kabupaten Kupang,” katanya. ♦ antarantt.com

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.