Taman Rendo Jadi Alternatif Wahana Bermain Anak di Kota Ende

Taman Rendo Jadi Alternatif Wahana Bermain Anak di Kota Ende

PEMERINTAH Kabupaten Ende gencar menata beberapa taman kota di Kota Ende. Diantaranya; penataan Taman Bung Karno yang menelan dana 2 miliar rupiah. Penataan bertujuaan untuk memperindah obyek wisata sejarah tersebut.
Selain itu, Pemkab Ende juga menata Taman Rendo yang letaknya bersebelahan dengan Taman Bung Karno.
Sejumlah fasilitas taman diperbaiki dan ditambah dengan ornamen-ornamen taman yang indah. Lampu taman, air mancur, dan wahana permainan anak disiapkan untuk memanjakan pengunjung.
Taman Rendo sangat cocok untuk anak-anak yang butuh arena bermain. Mereka bisa melahap wahana permainan di Taman Rendo sepuas mungkin.
Selain lokasinya yang berada dalam area kota, Taman Rendo sangat sejuk. Pasalnya, pepohonan rimbun tumbuh dan menaungi pengujung dari panasnya kota di pesisir selatan Flores ini.
Taman ini awalnya dibangun pada tahun 1989 pada saat kepemimpinan Bupati Anis Pake Pani. Di Taman ini berdiri tugu setinggi 10 meter bertuliskan Daerah Flores 1636.
Menurut sejarah, tulisan 1636 pada puncak tugu merupakan tanda awal bangsa portugis tiba di Ende.
Taman Rendo hadir dengan spot-spot foto menarik. Di atas area seluas 1 hektare ini, terdapat jembatan layang menghubungkan Area Taman Rendo dan Taman Permenungan Bung Karno.
“Kami lakukan renovasi untuk menyiapkan tempat bermain ramah anak dan ramah lingkungan,” ungkap Kadis PU Ende Frans Lewang kepada wartawan Ekora NTT belum lama ini.
Anggota DPRD Ende, Sabrin Indradewa meminta Pemerintah Kabupaten Ende untuk melakukan kajian terkait pengelolaan Taman Rendo maupun Taman Renungan Bung Karno.
Kehadiran taman kota, menurut Sabrin, adalah bagian dari upaya memberi ruang terbuka dan arena ramah lingkungan yang diharapkan mampu menjadi tempat rekreasi bagi warga.
Sabrin berpendapat, pengelolaan taman perlu dikaji karena keberadaannya tidak saja berorientasi pada profit namun memberi ruang kepada masyarakat untuk menikmati keindahan Taman.
“Kami senang Taman Rendo difungsikan lagi. Ini akan memperindah Kota Ende,” ungkap John, salah satu Warga yang sedang menikmati suasana Taman Rendo kepada Wartawan.
John asyik mengabadikan momen di taman tersebut dengan berbagai gaya sesuka harinya, lalu pergi. ♦ ekorantt.com

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.