Walikota Kupang Juga Terbitkan Buku Sistem Produksi Sapi Potong

Walikota Kupang Juga Terbitkan Buku Sistem Produksi Sapi Potong

WALIKOTA Kupang Jefri Riwu Kore tak hanya punya kemampuan yang luar bisa mengelolah Kota Kupang sehingga lebih berwibawa, modern dan menjadi kota refreshing, tetapi juga menerbitkan buku bersama sahabat kentalnya Ian Haba Ora.
Karya kedua putera terbaik NTT ini, sudah menyebar dan menjadi refrensi para mahasiswa yang hendak menyelesaikan studi akhir di bidang peternakan.

Judul : Sistem Produksi Sapi Potong
Penulis : Jefri Riwu Kore dan Fellyanus Haba Ora
Penerbit : Depublish Yogyakarta
Tahun Cetak: 2018
Halaman : 196
ISBN : 978-602-475-978-0

Pertumbuhan sektor peternakan Indonesia dari tahun ke tahun terus meningkat dari segi populasi dan produksi, namun ketersediaan tersebut belum mampu menutupi total kebutuhan konsumsi masyarakat. Usaha menutupi kebutuhan konsumsi daging nasional maka pemerintah pun melakukan importasi ternak sapi potong. Laporan Ditjennak 2014 bahwa importasi daging ternak tahun 2010 mencapai 35% dari total kebutuhan daging sapi nasional, dan tahun 2014 kuota impor sebesar 15,23%. Mengurangi impor daging dan ternak sapi potong, salah satunya dengan program swasembada daging nasional.
Sebenarnya usaha menaikkan populasi dan produksi sapi potong di Indonesia telah lama dilakukan namun hal tersebut belum maksimal. Pengembangan populasi ternak sangat tergantung pada aspek teknis, fisik (tanah, iklim dan ketersediaan sumberdaya pakan), aspek sosial (ketrampilan dan pengetahuan peternakan), dan aspek ekonomi (harga ternak, keadaan sarana prasarana, dan ekonomi pemasaran) yang terpola dalam satu kebijakan. Aspek teknis mengacu pada kesesuaian pada sistem produksi yang berkesinambungan ditunjang kemampuan manusia dan kondisi agroekologis. Aspek sosial terdiri dari penerimaan masyarakat terhadap keberadaan ternak tanpa menimbulkan konflik sosial, dan aspek ekonomi mengandung arti ternak yang dipelihara harus menghasilkan nilai tambah bagi perekonomian daerah serta bagi peternak juga. Setiap pertimbangan aspek memiliki pengaruh terhadap produktivitas dan populasi ternak.
Buku ini penting dibaca oleh Anda para mahasiswa dan profesional di bidang peternakan dan bidang lain sesuai kebutuhan. Di harapkan, dengan membaca buku ini Anda dapat memahami faktor dan strategi peningkatan sistem produksi ternak sapi potong.

Biodata Penulis
Jefirstson Richset Riwu Kore, biasa dipanggil dengan nama Jefri Riwu Kore atau karib disapa dengan Jeriko. Lahir di Kupang pada tanggal 13 Januari 1960. Jeriko menyelesaikan pendidikan Sarjana Akuntansi Bidang Ekonomi di Universitas Pendidikan Nasional Denpasar Bali, Pendidikan Master Manajemen Keuangan (MM) diselesaikan di Universitas Pelita Harapan (UPH) Jakarta dan Master Hukum (MH) di Universitas Gadja Mada (UGM) Jogjakarta. Sedangkan gelar Doktor (DR) diselesaikan di Universitas 17 Agustus (UNTAG) Surabaya. Saat buku ini ditulis, Jeriko telah menjadi Walikota Kupang Periode 2017-2022 dan tercatat sebagai Dosen di Universitas Indo Global Mandiri Palembang. Jeriko menikah dengan Hilda Manafe, SE, MM danbuah hati pernikahan ini adalah Firda dan Herison.
Fellyanus Haba Ora, Lahir di Kambajawa Sumba Timur pada tanggal 18 Februari 1985. Menyelesaikan pendidikan dasar di SD Inpres Oesapa Kecil 1 Kupang tahun 1997. Kemudian melanjutkan pendidikan menengah pertama di SMP Negeri 11 Kupang, dan tamat tahun 2000. Tahun 2003, menamatkan pendidikan menengah atas di SMU Negeri 7 Kupang. Pendidikan Sarjana diselesaikan di Fakultas Peternakan Universitas Nusa Cendana Kupang pada tahun 2008. Tahun 2014 menamatkan pendidikan Magister Sains di Program Pascasarjana Universitas Nusa Cendana. Kemudian tahun 2015, melanjutkan pendidikan Doktoral di Program Pascasarjana IPB Bogor. Saat ini penulis telah menikah dengan Moniche Aletha Saubaki dan memiliki seorang putra bernama Azarya Yohanes Haba Ora. Pekerjaan saat ini sebagai Asisten Peneliti dan Direktur Rumah Aspirasi Jeriko Center Kupang. ♦ mjsindonesia.blogspot.com/wjr

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.