Yucun Lepa berangan jadi Wagub

Yucun Lepa berangan jadi Wagub

KETUA DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) NTT, Ir. Yucundianus Lepa, M.Si sedang berangan atau bermimpi menjadi Wakil Gubernur jika Emi Nomleni dipilih rakyat NTT pada hari pencoblosan 27 Juni 2018. Mimpi Yucun sudah diwartakan media lokal beberapa waktu lalu.
Kepada EXPONTT Selasa 5 Juni 2018, Yucun Lepa menegaskan,” Dipastikan kalau Ibu Emy terpilih nanti, pasti saya yang jadi wakilnya. Yang jelas pasti saya, saya kan partai koalisi yang mendukung pasangan Marhaen. Apa lagi saya Ketua DPW PKB. Ya jelasla. Rancangan dalam politik pasti begitu.”
Diwartakan harian Pos Kupang, Yucun Lepa siap menggantikan Marianus Sae ketika nanti Paket Marianus – Emi menang Pilgub NTT.
Kondisi ini bisa terjadi ketika Paket Marhaen menang, namun Marianus Sae masih ditahan KPK dan juga ketika pengadilan menyatakan Marianus bersalah.
“Ketika Paket Marhaen atau Paket Marianus -Emi menang Pilgub NTT 27 Juni 2018, kemudian Pak Marianus masih ditahan KPK, atau sudah ada keputusan yang berkekuatan hukum tetap atau incrah yang menyatakan Pak Marianus bersalah, maka harus ada pengganti Marianus,” kata Yucundianus ketika ditemui di Gedung DPRD NTT, Rabu 16 Mei 2018.
Menurut Yucundianus, dirinya bersedia apabila sampai selesai pemungutan suara dan Paket Marianus -Emi atau Paket Marhaen yang dinyatakan menang, maka koalisi partai politik (parpol) pengusung akan membicarakan soal paket tersebut.
“Jadi kami terus berjuang sampai finish. Namun, apabila sampai saat itu status Pak Marianus Sae sudah dinyatakan bersalah oleh pengadilan dan punya kekuatan hukum tetap, maka saya siap mendampingi ibu Emi Nomleni,” kata Yucundianus.
Yucundianus menjelaskan, sesuai UU mereka tidak boleh menarik dukungan, maupun mengganti calon, karena telah ditetapkan KPU.
“Ini kan tinggal tunggu waktu saja, dan semua tentu tahu bahwa dalam proses kampanye, Paket Marhaen mendapat sambutan hangat dari masyarakat,” katanya.
Dia mengatakan, sejak awal sampai penetapan paket oleh KPU hingga kampanye, Paket Marhaen mendapat sambutan hangat dari seluruh masyarakat NTT, terutama ketika Paket Marhaen melakukan kampanye.
“Pada debat sebanyak dua kali, kita semua lihat bahwa paket ini punya kemampuan luar biasa. Karena itu, kami yakin Paket MS-Emi menang pilgub NTT,” katanya.
Untuk diketahui, Paket Marianus-Emi dalam Pilgub NTT 2018 ini diusung oleh PKB dan PDIP. Sehari sebelum DPP PDIP mengumumkan Paket yang akan diusung, DPW PKB NTT lebih dulu melakukan jumpa pers dan menetapkan untuk mengusung Marianus- Emi.
Namun angan-angan Yucun Lepa dibantah Ketua Fraksi PDIP Gusti Beribe. Menurut Beribe, Yucun bisa saja bermimpi.” Bermimpi boleh, tetapi harus instropeksi kedalam. Selama ini, Yucun tidak bekerja, tidak kampanye mendukung paket Marhaen. Coba dia perlihatkan bukti, kapan dia turun keliling NTT kampanye bersama Emi. Jika Emi terpilih, tidak mungkin Yucun yang diambil jadi wakil. Ada pertimbangan politis yang akan diambil PDIP selaku pengusung dengan kursi terbanyak di parlemen. Masa’ duduk ongkang-ongkang lasung jadi pejabat. Yang benar sa.”
Hal ini dikritik Gusti Beribe di Hotel Dwi Putra Ende kepada EXPO NTT sebelum merayakan upacara hari kelahiran Pancasila yang dipimpin Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo. ♦ wjr

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.