Mata wae nu dhenik (Sumber air su dekat)

  • Bagikan

Oleh : Fery Meze

SUDAH sekian lama Desa Nggolonio, Waekokak, Marapokot dan Nangadhero merintih kesulitan memperoleh air bersih / di musim kemarau mereka bahkan harus berjalan belasan kilo meter untuk mendapatkan air dari DAS Aesesa demi pemenuhan kebutuhan harian mereka dan kondisi itu berlangsung sejak lama dari periode ke periode Kepemimpinan Daerah ini.
Tahun 2020 adalah Harapan baru bagi Desa-desa itu karena Pemerintah Daerah Kabupaten Nagekeo yang di Nakodai dr. Johanes Don Bosco Do, M.Kes ( Bupati ) dan Marianus Waja, S.H ( Wabup) menepati janji Politik mereka dengan membangun unit Resevoir  berukuran besar untuk menampung ketersediaan air bersih bagi pemenuhan kebutuhan Masyarakat.
Egidius Bado salah seorang Warga Desa Waekokak berucap bahwa sekarang kami sudah menikmati air bersih yang di Rindukan sekian puluh tahun, terima kasih Bupati Nagekeo dan Wabup Nagekeo.
Air bersih merupakan Kebutuhan ESENSIAL yang wajib terpenuhi untuk keberlangsungan Hidup Manusia ( bagian dari HAM ), sehingga item yang berkaitan dengan pelayanan air bersih Masyarakat tercover dalam Visi Misi Bupati Nagekeo Periode 2018 – 2023 dalam Program kerja prioritas Pemda Nagekeo ( Gerakan Membangun Desa ).
Mewujudkan Desa sehat dengan kamar mandi layak – dapur bersih – dan lingkungan bersih berawal dari ketersediaan air bersih yang cukup di setiap rumah tangga dan perlu adanya dukungan infrastruktur dasar air bersih untuk menjawab kebutuhan esensial Masyarakat akan air bersih hingga masuk Rumah penduduk ( SR ) kata dokter Don yang adalah Bupati Nagekeo saat ini.
Ketersediaan air bersih berkorelasi Positiv dengan upaya Pemda Nagekeo melahirkan Desa Sadar Wisata karena air bersih menjadi variabel utama untuk menarik minat wisatawan baik lokal maupun manca Negara untuk berkunjung ke destinasi wisata yang ada.
Perbaikan dan peningkatan sarana air bersih turut mensupport GERAKAN MEMBANGUN KOTA yang di canangkan Bupati Nagekeo sebagai kota hijau – kota ramah anak – kota ramah perempuan / kaum jompo – kota sadar disabilitas – kota sadar sampah – kota sadar banjir dan kota sadar wisata, selain itu pembangunan infrastruktur dasar untuk penyediaan air bersih menjadi sumber investasi Daerah yang mendukung berbagai rencana pembangunan infrastruktur strategis di Daerah seperti Bandar udara Surabaya dua – pengembangan pelabuhan maropokot – membangun Sarana-sarana Wisata –  pembangunan tempat-tempat usaha ekonomi Masyarakat, mendukung pelayanan fasilitas – fasilitas publik seperti Rumah sakit / Puskesmas, dan lain-lain ( Kabupaten Sadar investasi ).
Air menjadi unsur utama yang di butuhkan pada berbagai kegiatan dan aktifitas Masyarakat untuk menggerakan perekonomiannya, baik makro maupun usaha mikro rumah tangga.
Tahun 2020 juga Pemda Nagekeo melalui Dinas terkait membangun ratusan unit instalasi air bersih masuk rumah penduduk ( SR ) di radius ibu kota yakni kelurahan Danga, kelurahan Mbay I dan beberapa Desa / kelurahan di Wilayah kecamatan lain seperti Boawae ( Gerakan membangun Kota / Desa ) sebagai bentuk penjabaran komitmen Pemerintah Daerah dalam hal ini Bupati dan Wabup Nagekeo mengurai Kesulitan ketersediaan air bersih di Wilayah Kabupaten yang kini memasuki usia tahun ke – 15 ( tercover dalam Visi Misi Bupati ).
Emanuel Rabu, seorang Warga Kelurahan Danga menyampaikan testimoninya bahwa sekarang ketersediaan air bersih untuk kebutuhan Rumah tangga tercukupi, sekarang kami sudah tidak sulit air bersih walaupun distribusi air dari BLUD SPAM masih sistem pembagian Jadwal 3 sampai 4 hari dalam seminggu tapi kami merasa puas dengan kinerja pemerintah soal pelayanan air bersih ini ungkapnya.
Ada juga seorang ibu rumah tangga yang tak mau di sebutkan namanya berkilah begini, tahun sebelumnya biaya pembelian air bersih untuk kebutuhan rumah tangga kami cukup besar  / sebulan bisa sampai 5 kali beli tapi sekarang sudah lebih efisien biaya artinya untuk kebutuhan rumah  sudah tidak beli lagi, kecuali ada hajatan atau pemakaian air yang melebihi kebutuhan harian kami ucapnya.
Masyarakat yang kami temui pada umumnya mengharapkan agar Pemda Nagekeo di tahun 2021 ini dan tahun-tahun kedepan terus menaruh perhatian istimewa dengan menjadikan sarana infrastruktur air bersih di wilayah Nagekeo sebagai Prioritas pertama pembangunan di Daerah.
Di Berbagai kesempatan kunjungan kerja Bupati dan Wabup Nagekeo  di seantero wilayahnya selalu menyempatkan diri mensurvey spot-spot sumber mata air yang ada untuk selanjutnya di kembangkan dengan infrastrukturnya, itu Bukti bahwa dokter Don dan Marianus Waja, S.H bersungguh-sungguh mencari solusi untuk pemenuhan kebutuhan air bersih Masyarakat Nagekeo. ♦
  • Bagikan