Alor  

Resmi Jadi Penjabat Bupati Alor, Sony Libing Fokus Kemiskinan Ekstrem dan Stunting

Amon Djobo dan Penjabat Bupati Alor Zeth Sony Libing / foto: istimewa

EXPONTT.COM, KUPANG – Penjabat Bupati Alor, Zeth Sony Libing mengaku akan memfokuskan perhatian terkait persoalan kemiskinan ekstrem dan stunting atau tengkes di Kabupaten Alor dan hal lainnya sesuai arahan yang diberikan Penjabat Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Ayodhia Kalake.

“Terkait dengan inflasi kemiskinan ekstrem serta stunting tentunya, akan menjadi perhatian saya untuk mengagendakan memprioritaskan pada agenda untuk kebutuhan hidup masyarakat di Alor,” ujar Sony usai dilantik, Senin, 13 November 2023.

Selian itu, program yang telah ada di pemerintahan bupati sebelumnya juga akan dioptimalkan dan dibenahi.

Baca juga: Lantik Penjabat Bupati Alor dan Sumba Tengah, Penjabat Gubernur NTT Titip Lima Program Prioritas

“Sebagai penjabat Bupati Alor, saya akan lanjutkan apa yang telah dilakukan oleh bapa Amon bersama bapa Imran Almarhum, yang terbaik itu akan dilanjutkan. Tetapi bila ada yang belum optimal, tentu saja saya dan tim di Alor akan bersama-sama mengoptimalkan,” katanya.

Menurutnya, ada beberapa program prioritas di Kabupaten Alor, yang akan menjadi perhatian pemerintahan yang dipimpinnya. “Sektor yang diprioritaskan yaitu Perikanan dan Kelautan, Pariwisata, Perkebunan, yang akan menjadi perhatian kami.” Pungkas dia.

Baca juga: Ketua DPRD Alor Sebut Sony Libing yang Terbaik Untuk Kabupaten Alor

Sementara terkait pemilu, dirinya memastikan aparatur sipil negara (ASN) di Lingkup pemerintah Alor netral.

“Yang pasti bahwa perintahnya jelas yaitu ASN harus menjaga netralitas. Tidak hanya ASN termasuk juga penyelenggaraan yakni penjabat bupati, harus menjaga netralitas itu sehinga menjadi contoh bagi ASN dalam pemilu,” tegas Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi NTT ini.

Selain itu, ia juga akan melakukan mediasi terhadap persoalan yang terjadi antara Ketua DPRD bersama Pemerintah Kabupaten Alor. “Polemik antara pemerintah sebelumnya dengan ketua DPRD Alor akan menjadi perhatian kami untuk ditangangani,” tambah dia.♦gor

Baca juga: Setahun Tak Terima Gaji, Enny Anggrek Tetap Jalankan Tugas Sebagai Ketua DPRD Alor